Kongres Diaspora ke-5 Bakal Pertemukan Pengusaha Lokal dan Asing

Bos Crown Grup Iwan Sunito.
Sumber :
  • Dokumentasi Crown.

VIVA – Kongres Diaspora Indonesia (CID) ke-5 akan digelar di Jakarta pada Sabtu, 10 Agustus 2019 di Kota Kasablanka. Para pengusaha internasional akan dipertemukan dengan pengusaha lokal untuk membuka kesempatan kerja sama di berbagai sektor ekonomi. 

Indonesia-UEA Segera Pererat Kerja Sama Ekonomi, Ini Manfaatnya

Ketua Penyelenggara CID-5, Iwan Sunito, menginisiasi untuk diadakannya sebuah sesi khusus yang bisa mempertemukan perwakilan usaha negara-negara sahabat dengan semua elemen pemangku kepentingan (stakeholders) dalam negeri. 

“Kami berusaha menginisiasi sebuah kegiatan yang mampu menjadi inkubator bagi semua stakeholders lokal dan luar negeri untuk bisa bertemu dan berkomunikasi dalam sebuah forum non-informal," ujar Iwan dikutip dari keterangan resminya, Senin 15 Juli 2019.

Menko Airlangga Dijadwalkan Bertemu PM Lee di Singapura, Bahas Apa?

Iwan menjabarkan, perwakilan negara sahabat yang diharapkan ikut berpartisipasi dalam sesi khusus tersebut adalah Australia, Amerika Serikat, Jepang, Timur Tengah, dan Tiongkok. 

"Di mana kami telah sebelumnya berkomunikasi dengan secara intens dengan kedutaan-kedutaan besar terkait untuk membantu memfasilitasi sesi networking ini," tuturnya.

Dubes RI untuk Singapura Apresiasi Promosi 10 Bali Baru Lewat Buku

Dia mengatakan, forum bisnis tersebut akan berlangsung selama satu hari saja, yaitu pada 10 Agustus 2019. Forum tersebut akan dimulai setelah acara pembukaan.

"(Forum ini) terbuka bagi semua pengunjung baik dari dalam negeri maupun luar negeri untuk datang dan bergabung dalam sesi networking ini,” tuturnya. 

Dia mengatakan, gelaran ini merupakan wujud pengejawantahan dari salah satu fungsi utama Diaspora, yaitu connecting the dots. Sehingga pengusaha lokal nantinya bisa eksis di pasar dunia. 

Konferensi ini pun diharapkan akan selalu menjadi pertemuan terbesar bagi Diaspora Indonesia berkumpul di Tanah Air. Partisipan yang hadir diperkirakan sebanyak 5.000 peserta dari dalam maupun luar negeri.

“Dan harapan terakhir saya adalah, dengan diselenggarakannya acara konferensi dua tahunan ini, kegiatan ini akan menjadi semacam kawah Candradimuka yang mampu melahirkan sumber daya manusia Indonesia terbaik yang bisa berkontribusi langsung terhadap pembangunan bangsa ini seutuhnya,” tutur Iwan.

CID-5 akan diselenggarakan selama tiga hari 10-13 Agustus 2019. Tema yang diangkat tahun ini adalah 'Empowering Indonesia’s Human Capital'. Selain isu ekonomi, dalam kongres ini, tantangan pembangunan sumber daya manusia dari berbagai sektor, baik itu dari  politik, sosial dan budaya juga akan didiskusikan.

Dengan demikian pada akhirnya, tujuan dari konferensi ini akan berfokus pada penguatan peran Diaspora Indonesia dalam peningkatan kualitas SDM dapat terwujud.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya