Realisasi Penyaluran DAK 99,5%

VIVAnews - Realisasi penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar 99,5 persen. Angka ini mengalami peningkatan dibanding tahun lalu sebesar 95 persen. Naiknya realisasi ini karena keberhasilan dari penyaluran yang semula empat kali menjadi tiga kali.

Dirjen Perimbangan Keuangan Departemen Keuangan Mardiasmo mengatakan, sisa DAK sebesar 0,5 persen yang belum terserap dikarenakan belum bisa melaksanakan perintah sesuai dengan ketentuan Menteri Keuangan. "Sudah diberi batas waktu tapi dia tidak bisa mencairkan di termin 2 dan 3, hanya termin pertama," katanya di Jakarta, Senin 28 Desember 2009.

Dia mengatakan indikator penilaian bagi tiap daerah sudah bagus. Dulu DAK dicairkan dalam empat tahap masing-masing sebesar 30:30:30:10 persen tiap tahapnya. Saat ini telah diganti menjadi tiga tahap, 30:45:25 persen. "Ternyata bagus sekali daerah bisa mempercepat dan berokrasi administrasi tidak terlalu lama sehingga mereka bisa on scheduler," katanya.

DAK pada tahun ini sebesar Rp 24,8 triliun, sementara untuk tahun depan sebesar Rp 20,6 triliun.

hadi.suprapto@vivanews.com

Menkes Ungkap Alasan Tingkat Stunting Indonesia Baru Turun 0,1 Persen
Ilustrasi wanita/skincare/kecantikan.

Bingung Pilih Skincare Lokal atau Luar? Begini Saran Dokter

Banyak orang yang makin sadar untuk merawat kulit terutama dengan penggunaan skincare. Tak heran, berbagai merek skincare bermunculan, mulai dari yang diimpor dari luar.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024