Menteri PUPR Imbau Masyarakat Sadar Bencana Gempa dan Melek Teknologi

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adinda P. Rachmani

VIVA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, mengimbau pada masyarakat untuk sadar jika tinggal di wilayah yang rawan bencana gempa bumi. Hal itu, mengingat Indonesia ada di atas cincin api dunia. 

Hari Bakti Transmigrasi, Kemendes Gelar Istighotsah dan Aksi Sosial untuk Gempa Cianjur

"Yang harus dilakukan masyarakat adalah harus lebih sadar dan lebih intensif dalam menyadarkan masyarakat untuk berperilaku sesuai dengan tata kelola kebencanaan," ucap Basuki di Perpustakaan Nasional, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis, 18 Juli 2019.

Selain itu, Basuki mengimbau kepada pemerintah daerah untuk memberikan arahan yang tepat, khususnya untuk warga yang tinggal di pesisir pantai dan gunung yang rawan terkena gempa bumi dan tsunami. 

Satu Orang Terluka Akibat Gempa Filipina, Tembok-tembok Runtuh

"Berbagai pihak khususnya pemerintah harus bisa memberikan arahan yang tepat, khususnya warga yang tinggal di dekat dengan lokasi bencana," tuturnya. 

Untuk itu, Basuki selalu menekankan pentingnya perkembangan teknologi dan inovasi agar kualitas hidup serta keselamatan masyarakat di Indonesia terjamin.

Siap-siap Tarif Tol Dalam Kota Resmi Naik Besok, Ini Rinciannya

"Saya kira juga harus lebih apik lagi dan turun langsung untuk mengintervensikan perilaku masyarakat," ucap Basuki.

Dalam beberapa hari terakhir Indonesia dilanda gempa bumi. Bahkan, yang terakhir gempa 6,0 Skala Richter mengguncang Pulau Bali dan menyebabkan kerusakan sejumlah bangunan. 

Gedung runtuh akibat gempa M 7,8 yang mengguncang Turki

Muhammadiyah Siap Kirim Tim Medis Bantu Korban Gempa Turki-Suriah

Bencana gempa berkekuatan 7,8 yang menguncang Turki dan Suriah jadi perhatian dunia internasional. Ribuan orang meninggal imbas gempa Turki-Rusia.

img_title
VIVA.co.id
7 Februari 2023