Wapres JK Harap Regulasi Kendaraan Listrik Segera Disinkronkan

Pembukaan GIIAS 2019
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Wakil Presiden Jusuf Kalla telah resmi membuka pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) di ICE, BSD Tangerang, Banten, Kamis 18 Juli 2019.

Segera Hadir Fitur Baru untuk Pengguna Mobil Listrik

Salah satu yang menjadi sorotan dalam pameran ini adalah kendaraan listrik. Wapres berharap ke depan regulasi mengenai kendaraan listrik segera disinkronkan dengan regulasi lain.

"Regulasi kendaraan listrik ya segera, karena disinkronkan dengan beberapa kementerian apakah itu industri keuangan, perhubungan dan juga kemampuan industri dalam negeri tahun ini," kata JK ditemui di ICE BSD.

Mobil SUV Chery Omoda 7 Tak Lama Lagi Meluncur, Ini Bocoran Spesifikasinya

Kemudian soal perpajakannya juga, menurut JK, harus disinkronkan dengan baik. Hal itu agar kendaraan listrik bisa menarik konsumen dan juga industri di dalam negeri.

"Kalau pajaknya dihilangkan nanti keuangannya bagaimana. Kalau pajaknya tinggi, konsumennya tidak beli. Jadi disinkronkan itu," ujar JK.

Honda Kenalkan 3 Mobil Listrik Terbarunya Ye Series, Siap Jegal BYD

JK juga menilai, masing-masing perusahaan pasti punya strategi dalam memasarkan kendaraan listrik ini. Semua terkait kendaraan listrik, menurut Wapres, akan bisa berlangsung secara bertahap.

"Nanti ikuti lagi," kata Wapres.

GIIAS 2019 diikuti 20 merek kendaraan penumpang, yakni Audi, BMW, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, Lexus, Mazda, Mercedes Benz, MINI, Mitsubishi, Nissan, Renault, Suzuki, Toyota, Volkswagen, Jeep, dan Wuling.

Sementara itu, kendaraan roda dua yang turut meramaikan pameran tersebut ada 11 merek, yaitu Benelli, Harley-Davidson, Honda, Kawasaki, Kymco, KTM, Nozomi, Piaggio, Suzuki, Vespa, dan Viar.

Selain kendaraan penumpang dan roda dua, GIIAS juga menghadirkan 10 merek kendaraan komersial dan karoseri. Seperti DFSK, FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, UD Trucks, Adiputro, Laksana, dan Tentrem.

Pameran otomotif tahunan tersebut juga akan meluncurkan sejumlah produk baru. Dimulai pukul 12.30 WIB, di antaranya ada Toyota Supra, Mitsubishi Eclipse Cross, Outlander PHEV, Renault Triber, BMW Series 3, dan motor Honda ADV 150.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya