Waspadai Penyempitan Jalur Ini, Ada Rekonstruksi Tol Jakarta-Cikampek

Proyek perbaikan jalan di Tol Jakarta-Cikampek.
Sumber :
  • Dok. Jasa Marga

VIVA – PT Jasa Marga Tbk Cabang Jakarta-Cikampek kembali melaksanakan pekerjaan pemeliharaan dengan metode konstruksi rigid di kedua jalur pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Baik itu arah Cikampek maupun arah Jakarta.

Volume Lalu Lintas Gerbang Tol Jabotabek dan Jawa Barat pada H-2 Hari Raya Nyepi Meningkat

Corporate Communication Department Head Jasa Marga, Irra Susiyanti mengatakan, pihaknya memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat pekerjaan rekonstruksi tersebut.

"Karena akan berdampak penyempitan lajur menjelang lokasi pekerjaan," ujar Irra dalam keterangan resminya, Minggu 21 Juli 2019.

Detik-Detik Bajaj Lawan Arah di Tol Janger, Sopir Ngaku Salah Baca Google Maps

Untuk mengantisipasi kepadatan yang berpotensi terjadi akibat pekerjaan, Irra mengatakan, pihaknya bekerjasama dengan Kepolisian telah menyiapkan mitigasi risiko melalui pengaturan lalu lintas. Langkah mitigasi yang akan dilakukan itu berupa sistem buka tutup di area pekerjaan. 

"Yaitu buka tutup lajur satu untuk jalur ke arah Cikampek maupun ke arah Jakarta. Lalu lintas di kedua arah akan berjalan normal, tidak ada penutupan total," tegasnya. 

Jasa Marga Salurkan Bantuan ke Warga Terdampak Tornado di Kabupaten Bandung dan Sumedang

Selain itu, Irra melanjutkan, jika kondisi padat maka dipersiapkan dua titik contra flow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek. Yaitu, dari Km 25+100 sampai Km 29+500 arah Cikampek dan Km 29+500 sampai Km 35+000 arah Jakarta untuk mencairkan kepadatan menjelang titik lokasi pekerjaan.

Dia menjelaskan, Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek pun telah melakukan sosialisasi rencana pekerjaan dengan memasang media luar ruang berupa spanduk imbauan pekerjaan dan Variable Message Sign (VMS) di Jalan Tol Cikampek arah Cikampek dan arah Jakarta. 

Selain itu, Jasa Marga juga berkoordinasi dengan pihak Manajemen Konstruksi untuk pengaturan jadwal dengan proyek lainnya yang ada di koridor Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Jasa Marga pun mengimbau pengguna jalan dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Ada beberapa jalur alternatif lain yang bisa diambil pengguna untuk menghindari lokasi pekerjaan. 

Untuk pengguna jalan arah Cikampek dapat keluar melalui Gerbang Tol (GT) Cibitung dan masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek melalui GT Cikarang Barat. 

Sedangkan, untuk pengguna jalan arah Jakarta dapat keluar melalui GT Cikarang Timur dan masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek melalui GT Cikarang Barat.

Berikut adalah rincian lokasi dan waktu pekerjaan rekonstruksi:

  • Arah Cikampek: Km 25+945 sampai dengan Km 26+075 di lajur 2 dengan panjang penanganan 130 m, berlangsung hari ini, Minggu 21 Juli 2019 pukul 02.00 WIB dini hari hingga hari Kamis, 25 Juli 2019 pukul 05.00 WIB.
  • Arah Jakarta: Km 33+266 sampai dengan Km 33+081 di lajur 2 dengan panjang penanganan 185 m, berlangsung pada hari Senin 22 Juli 2019 pukul 10.00 WIB hingga hari Jumat, 26 Juli 2019 pukul 05.00 WIB
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya