Logo WARTAEKONOMI

Inspiratif, Petani Ini Jadi Konglomerat Berkat Kentang Goreng

Wew! Petani Ini Jadi Konglomerat Berkat Kentang Goreng. (FOTO: Unsplash/Emmy Smith)
Wew! Petani Ini Jadi Konglomerat Berkat Kentang Goreng. (FOTO: Unsplash/Emmy Smith)
Sumber :
  • wartaekonomi

Terkadang kekayaan seseorang memang datang dari hal-hal yang tidak diduga. Seperti salah satu miliarder asal Amerika Serikat (AS), John Simplot. Seorang petani miskin itu mendadak menjadi miliarder berkat kentang produksinya.

Jika Anda pernah memakan kentang goreng di restoran cepat saji McDonald’s, berarti Anda tahu produksi kentang Simplot. Pasalnya, Simplot merupakan produsen dari kentang siap goreng tersebut.

Bukan datang dari keluarga kaya raya, Simplot mulai terjun ke dunia bisnis saat dirinya kabur dari rumah karena ayahnya tak mengizinkannya menonton sepak bola. Dengan berbekal uang US$20 dan koin emas dari ibunya, Simplot menggunakan uang tersebut untuk berbisnis mulai dari membeli dan menjual senapan, babi, kulit binatang hingga makanan. Dari uang bekal ibunya, Simplot berhasil mengantongi keuntungan lebih dari US$7.000.

Ini menjadi modal awal untuk Simplot. Ia menggunakan hasil labanya untuk membeli mesin pertanian, kuda, dan bibit kentang. Kemudian, ia juga membeli mesin penyortir kentang untuk mempermudah usahanya.

Awalnya, Simplot hanyalah petani kentang biasa. Namun saat perang dunia kedua, ia diminta untuk memasok kentang dan sayuran kering untuk konsumsi tentara AS saat perang.

Mulai dari sanalah bisnis Simplot mulai berkembang. Untuk memudahkan budi daya, Simplot melakukan penambangan fosfat untuk pupuk tanamannya. Kemudian, ia mengirimkan kentang dalam kotak yang terbuat dari kayu yang ia susun sendiri.