BI: Inflasi Juli 0,23 Persen, Cabai Rawit Sumbang Setengahnya

Harga cabai rawit merah
Sumber :

VIVA – Berdasarkan survei yang dilakukan Bank Indonesia inflasi sepanjang Juli 2019 akan berada di kisaran 0,23 persen secara month-to-month, dan 3,23 persen secara year-on-year.

Daftar Harga Pangan 10 November 2023: Cabai Merah dan Rawit Makin Pedas

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengatakan inflasi pada Juli 2019 masih akan tetap rendah dan terkendali, sesuai dengan prediksi dan harapan pihaknya.

"Ini tetap akan mengonfirmasi perkiraan kami bahwa akhir tahun inflasinya di bawah 3,5 persen, titik tengah sasaran kita," kata Perry di kantornya, kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat 26 Juli 2019.

Harga Cabai Tembus Rp 100 Ribu per Kg, Pedagang Menjerit: Ekonomi Sulit, Harga Melangit

Perry menjelaskan, penyumbang inflasi terbesar Juli 2019 berasal dari komoditas cabai rawit. Di mana, dari 0,23 persen inflasi secara month-to-month, komoditas cabai rawit menyumbang sebanyak 0,12 persen. "Jadi separuhnya yang inflasi ini disumbang oleh cabai rawit," kata Perry.

Perry menduga, inflasi 0,12 persen dari komoditas cabai rawit ini berkaitan dengan aspek musiman panen yang di luar jadwal, serta pola konsumsi masyarakat. "Jadi masyarakat juga harus mulai dibiasakan, kalau ingin pedas tidak harus fresh. Cabai kering juga enak, tetap pedas," kata Perry.

2,4 Ton Cabai Rawit Dikirim dari Sulawesi Selatan Demi Tekan Kenaikan Harga

Dia menambahkan, penyumbang inflasi lain yang cukup besar dari inflasi pada Juli 2019 ini, adalah emas dan perhiasan yang berkontribusi sekitar 0,6 persen.

Sementara untuk komponen yang harganya mengalami deflasi pada bulan ini, adalah tarif angkutan antar kota yang menurun sekitar 0,08 persen. "Lalu bawang merah juga turun 0,06 persen. Kemudian yang lain ada tomat sayur, daging, ayam, juga tarif angkutan udara masih turun 0,02 persen," ujarnya.

Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) 
Arief Prasetyo Adi.

Heboh Isu Harga Cabai Rawit Tembus Rp 450.000 per Kg, Bapanas Angkat Bicara

Badan Pangan Nasional (Bapanas) buka suara soal kabar yang mengatakan bahwa harga cabai rawit merah di salah satu daerah mencapai Rp 450.000 per kilogram (kg).

img_title
VIVA.co.id
20 Desember 2023