Logo DW

Jangan Risih Terima Masukan di Tempat Kerja, Banyak Manfaatnya

Imago Images/blickwinkel/Bergsteiger
Imago Images/blickwinkel/Bergsteiger
Sumber :
  • dw

"Feedback" atau masukan di tempat kerja bisa menjadi sesuatu yang tidak nyaman bagi Anda ataupun atasan Anda. Hal itu sering kali dibandingkan dengan perasaan sebelum pergi mengunjungi dokter gigi.

Bagaikan tambalan gigi yang penting untuk menjaga senyuman Anda, maka "feedback” sangatlah penting untuk kesuksesan karier Anda.Memang dalam banyak hal, apa yang kita butuhkan bukanlah selalu apa yang kita inginkan.

Mengapa kita begitu takut dengan”feedback”?

Seorang peneliti, Nikos Dimotakis mengatakan, "hal itu berkaitan dengan siapa diri kita". Dia melanjutkan: "Manusia perlu merasakan bahwa mereka mereka memiliki hubungan dengan orang lain, serta bahwa mereka mandiri dan kompeten."

Orang-orang bisa merasakan bahwa kebutuhan mereka terancam saat mereka mendapatkan feedback negatif, tutur Dimotakis, pengajar di bidang manajemen di Universitas Nebraska-Lincoln. Ia juga mengatakan feedback negatif, membuat kita merasa seolah-olah kita tidak disukai, seolah-olah kita tidak kompeten."

Masukan positif, seperti pujian atau konfirmasi dari orang lain bisa meningkatkan percaya diri seseorang atas kemampuannya untuk berkembang, dibandingkan dengan masukan negatif ataupun kritik konstruktif. Itulah hasil sebuah studi yang diterbitkan di Journal of Applied Psychology (Jurnal Psikologi Terapan), yang dilakukan oleh Dimotakis, Deb Mitchell dan Todd Maurer.

Dalam studi tersebut, masukan positif didefinisikan sebagai konfirmasi. Contohnya adalah saat seorang atasan memuji karyawannya yang melakukan pekerjaan dengan baik. Bentuk masukan lainnya, termasuk kritik konstruktif tergolong sebagai masukan negatif.