Tips Hemat Belanja Barang Ini Bikin Kantong Aman

Ilustrasi belanja bulanan
Sumber :
  • ANTARA//Adeng Bustomi

VIVA – Salah satu yang jadi masalah umum dalam keuangan adalah pengeluaran yang tidak sesuai dengan anggaran. Selain disebabkan adanya kebutuhan yang bersifat mendadak, belanja juga bisa jadi penyebab pengeluaranmelebihi batas.

Antisipasi Penipuan! 10 Tips Aman Belanja Online Menjelang Lebaran 

Upaya paling dasar yang perlu Anda lakukan untuk mencegah belanja tidak terencana, yaitu dengan mempertimbangkan penting tidaknya barang yang ingin dibeli sebelum melakukan transaksi. Cek kembali kondisi keuangan dan tagihan Anda, sebelum membeli barang yang diinginkan.

Ketika telah membuat keputusan untuk membelinya, pastikan bahwa Anda memiliki uang tersisa dari pemasukan rutin. Pastikan pula, dana tersebut bukanlah jatah untuk kegiatan menabung.

Jangan Tergoda Harga Murah, Pahami Cara Belanja Online Biar Gak Ketipu

Apabila Anda berencana melakukan pembayaran dengan cara kredit, pertimbangkan kembali kemampuan dalam melunasinya. Apabila tidak ada kendala dalam keuangan, membeli barang yang diinginkan tentu tidak akan menjadi masalah.

Meski telah menyediakan bujet, Anda dapat membuat pengeluaran untuk membeli sebuah barang menjadi lebih kecil dari yang telah dianggarkan. Singkatnya, Anda bisa membeli barang tersebut dengan harga yang lebih murah.

Tips Belanja Sayur dan Buah Fresh di Supermarket , Nomor 4 Sering Diabaikan

Bagaimana caranya? Berikut tips hemat belanja barang yang bikin kantong aman, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Bandingkan Harga Produk di Banyak Situs Belanja Online

Hadirnya situs belanja online telah memberikan beragam kemudahan bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mereka. Salah satunya, adalah Anda dapat mencari suatu produk dan mendapatkan banyak pilihan toko yang menyediakannya.

Tentunya, harga yang ditawarkan oleh masing-masing toko akan beragam. Nah, dari hasil pencarian tersebut, Anda dapat membandingkan harga dari tiap toko, dan memilih yang lebih murah.

Tetapi, meski telah menemukan toko yang menjual dengan harga paling kecil, apabila lokasinya jauh dari Anda, maka ongkos kirim pun menjadi mahal. Begitu pula sebaliknya.

Jadi, perhitungkan jumlah harga produk dan ongkos kirim dari beberapa toko online terlebih dahulu, agar Anda bisa mendapatkan produk yang diinginkan dengan harga paling baik.

2. Cari Kata Kunci dengan ‘Hashtag’ di Instagram

Banyaknya pengguna Instagram, membuat para pengusaha memanfaatkan media sosial tersebut sebagai sarana untuk berbisnis. Dengan menggunakan hashtag (#) di kolom pencarian Instagram, Anda dapat menemukan barang yang diinginkan di toko online dalam media sosial tersebut.

Hanya dengan melakukan penelusuran melalui hashtag berupa kata kunci dari produk yang Anda cari, Anda akan mendapatkan harga bervariasi dari berbagai pemilik lapak untuk produk yang diinginkan tersebut.

Misalnya, Anda menginginkan mascara. Anda hanya perlu mengetikkan kata kunci seperti #mascara atau #jualmascara (ditambah ketikkan brand tertentu) dan pilihan produk pasti akan muncul.

Agar menghindari produk replika atau palsu, tambahan kata “ori” atau “original” pada hashtag pencarian akan cukup membantu. Menemukan produk dengan harga yang lebih murah, dapat dilakukan dengan mengecek caption dari hasil pencarian.

Sama seperti mencari produk dari situs belanja online, pastikan Anda telah memperhitungkan harga produk beserta ongkos kirimnya agar harga yang harus dibayarkan tidak melonjak.

3. Mengunjungi Beberapa Toko ‘Online’ Maupun ‘Offline’

Beberapa barang seperti sepatu, memang lebih baik dibeli secara langsung. Kekurangan dari membeli sepatu secara online adalah Anda tidak mengetahui apakah sepatu tersebut cocok dengan bentuk kaki Anda atau tidak, serta size yang berbeda-beda dari tiap model atau brand.

Apabila memutuskan untuk membeli sebuah barang secara langsung, maka untuk mendapatkan harga yang lebih murah, Anda perlu mendatangi beberapa toko sekaligus. Hal ini, tentu untuk memberikan Anda pilihan toko mana yang memberi harga termurah.

Jika memungkinkan, Anda juga bisa mencoba menawar untuk mendapatkan diskon.Alternatif untuk membeli barang dengan harga yang lebih murah, yaitu dengan membeli di pusat penjualannya, seperti membeli gadget di Cyber Mall atau ITC Roxy Mas.

Sebab, tempat tersebut adalah pusat penjualan gawai, tidak menutup kemungkinan para penjual akan membanderol dagangan mereka dengan harga yang lebih kompetitif.

Selain untuk menarik minat beli konsumen, strategi tersebut juga bertujuan agar tidak kalah dengan pesaing lainnya. Jadi, Anda pun dapat mendapatkan keuntungan dari proses persaingan para pemilik lapak di tempat tersebut.

4. Manfaatkan Diskon, Promo, Voucher, dan Kupon

Diskon, promo, voucher, dan kupon merupakan salah satu cara untuk mendapatkan produk dengan harga lebih murah. Biasanya, pada waktu-waktu tertentu, baik toko online maupun konvensional akan memberikan penawaran menarik tersebut.

Beberapa momen seperti perayaan Ramadan, Idul Fitri, Hari Kemerdekaan, Hari Natal, dan tahun baru, tentunya membuat promosi semacam ini semakin marak. Tak ada salahnya untuk berburu promo saat ada perayaan semacam itu.

Tidak jarang juga provider kartu kredit akan memberikan benefit berupa promo menarik bagi para penggunanya. Namun, Anda perlu membuat pertimbangan terhadap penawaran tersebut dengan matang.

Alasannya, karena transaksi dilakukan dengan menggunakan kartu kredit, pastikan Anda dapat membayar tagihannya nanti agar tidak terkena denda yang merugikan.

5. Tak Ada Salahnya untuk Membeli Produk Bekas

Membeli produk bekas atau preloved, merupakan salah satu alternatif untuk mendapatkan barang yang Anda inginkan dengan harga yang lebih murah. Meski tidak baru, namun banyak produk preloved yang dijual dalam keadaan masih baik, atau bahkan hampir seperti baru.

Anda dapat menemukan produk bekas dalam situs belanja online, dengan mencantumkan keywords “bekas” atau “preloved” dalam kolom pencarian. Apabila Anda berencana untuk mencari barang tersebut di toko biasa, Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah lagi dengan mencoba menawarnya.

Selalu Cermat Sebelum Membeli

Salah satu alasan mengapa seseorang tidak mendapat harga yang lebih murah saat membeli suatu barang, yaitu karena kurang cermat. Biasanya, karena tidak telaten untuk membandingkan harga, seseorang akan langsung memilih barang dan melakukan pembayaran, serta lainnya. Karena itu, lakukan tips di atas dan dapatkan harga barang kebutuhan yang sesuai dan membuat kantong aman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya