Ketemu Jokowi, Pengusaha Jepang Investasi Perbaikan Udara Jakarta

Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta.
Sumber :
  • VIVA/ Agus Rahmat.

VIVA – Presiden Joko Widodo menerima investor dari Jepang, yang juga Chief Executive Officer SoftBank, Masayoshi Son. Pertemuan berlangsung di Istana Merdeka pada hari ini, Senin 29 Juli 2019.

Termasuk Polusi Udara, Ini 10 Penyebab Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

Dalam kesempatan itu, Masayoshi mengaku akan melakukan investasi dengan nilai US$2 miliar melalui SoftBank. Investasi ini akan dilakukan di Jakarta.

"Kami ingin menjadikan langit di Jakarta biru kembali," kata Masayoshi, usai pertemuan, Senin.

Kendaraan Operasional Timnas Indonesia Bakal Full Listrik

Investasi yang dilakukan itu, jelas dia, pada usaha rintisan yang berbentuk kendaraan listrik. Seperti baterai hingga sistem charging-nya.

Investasi ini, disebut olehnya, untuk memperbaiki udara Ibu kota yang kian memburuk belakangan ini.

Pemerintah Berencana Naikkan Pajak Kendaraan Bermotor

Hal itu dipertegas oleh Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan. Luhut yang mendampingi Presiden Jokowi mengatakan, investasi yang dilakukan di Jakarta ini akan diselesaikan dalam waktu tiga tahun.

Keuntungan bagi Jakarta, kualitas udara yang menjadi persoalan beberapa hari ini lantaran semakin buruk, bisa diselesaikan.

"Di Jakarta, kita mau bikin pilot project pertamanya, supaya cuaca yang jelek ini itu bisa teratasi. Target dalam waktu tiga tahun ini harus selesai," katanya.

Luhut menjelaskan, sebelumnya sudah ada investasi dari Masayoshi sebesar US$2 miliar. Lalu, ia ingin menambahkan dengan jumlah yang sama. Bahkan, disebut kalau akan menambah US$1 miliar lagi, setelah berbincang empat mata dengan Jokowi.

"Tadi, dia tambah dengan Presiden mungkin 1 billion. Jadi 5 billion, dalam tiga tahun ke depan," tambah Luhut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya