40 Rumah Gorga Hutaraja Akan Direhabilitasi Demi Prioritas Danau Toba

Rumah Gorga di Hutaraja
Sumber :
  • Vivnews/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA – Untuk mendukung pengembangan Danau Toba sebagai salah satu kawasan strategis pariwisata nasional atau KSPN super prioritas, pemerintah akan merehabilitasi sekitar 40 rumah Gorga yang berada di Kampung Ulos Hutaraja.

Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menjelaskan, pihaknya akan menata ulang Kampung Ulos Hutaraja, agar bisa menjadi salah satu tujuan wisata di Danau Toba yang bernuansa kerajinan warisan budaya.

"Di Pangururan, kita akan coba menata kampung Ulos Hutaraja, di mana ada 40 rumah (ruma; bahasa batak) Gorga yang akan menjadi kawasan wisata atau kota pusaka, itu akan kita rehab," kata Basuki di wilayah Pangururan, Samosir, Sumatera Utara, Senin 29 Juli 2019.

Puncak Arus Balik Lebaran di Sumut Berlangsung Selama 3 Hari

Basuki menilai, rumah-rumah Gorga yang menjadi kediaman para warga kampung Ulos Hutaraja ini merupakan satu paket budaya yang harus dilestarikan, baik dari segi sosial maupun budaya.

"Karena itu pusat tenun di Samosir ini, dan akan jadi pusat kerajinan, serta pelatihan supaya ini terus berlanjut keahlian tenunnya," kata Basuki.

Geopark Kaldera Toba, Situs Diakui UNESCO yang Miliki Ragam Aktivitas Wisata

Karena itu, demi mendukung akses ke Kampung Ulos Hutaraja dan sejumlah objek wisata lainnya di kawasan Danau Toba, Basuki memastikan bahwa sisa 21 kilometer jalan dari Pangururan ke Nainggolan, juga akan dimaksimalkan.

Sebab, dari keseluruhan jalan lingkar Samosir sepanjang 146 kilometer yang sudah tersambung, dilebarkan, dan diaspal. Namun, masih ada 21 kilometer ruas jalan yang masih harus dilakukan pembenahan.

"Karena, kalau dari Tomok ke Pangururan sudah oke, dari Tomok ke Nainggolan sudah oke. Semua sudah disambungkan, sudah beraspal," kata Basuki.

"Jadi, tinggal dilebarkan sisa 21 kilometer dari Pangururan ke Nainggolan, agar (lebar jalannya) sesuai standar, yakni tujuh meter," ujarnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya