OJK Ajak Pemuda RI Nabung untuk Membangun Negara

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso di AKSiMUDA 2019.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Arrijal Rachman

VIVA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengajak mahasiswa dan pemuda Indonesia untuk kembali giat menabung. Tidak hanya berbentuk uang yang disimpan, namun bisa diarahkan ke instrumen tabungan seperti emas, saham, reksa dana, properti atau untuk uang muka rumah hingga masa pensiun.

Brigjen Nurul Bicara Strategi STIK Lemdiklat Cetak Pemimpin Polri yang Mumpuni

Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso, menjelaskan, simpanan mahasiswa dan pemuda tersebut atau yang dikenal dengan SiMuda bisa menjadi sumber pendanaan untuk membiayai rencana pembangunan jangka menengah 2020-2024 yang sebesar Rp37,44 triliun.

Kata dia, dari besaran dana yang dibutuhkan tersebut, keuangan negara atau Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara hanya bisa membiayai 13 persennya. Karena itu, sisanya hanya bisa dilakukan oleh sektor Badan Usaha Milik Negara atau BUMN, sektor swasta, hingga masyarakat.

10 Kampus Bisnis Terbaik Dunia Tahun 2024

"Nanti kalau tabungannya banyak, semua orang bekerja, ekonomi kita jadi gampang, rakyat makmur dan negara kita berkembang sangat maju. Enggak ada orang nganggur, semua rakyat sejahtera. Itu garis besarnya kenapa kita hari ini kumpul di sini," kata Wimboh saat membuka acara SiMuda di Gedung BPPT, Jakarta, Selasa, 30 Juli 2019.

Dengan adanya dana yang berasal dari kalangan mahasiswa dan pemuda itu, Wimboh berharap target inklusi keuangan hingga akhir tahun ini sebesar 75 persen juga bisa tergapai. Tujuannya, supaya sumber pendanaan kegiatan ekonomi negara bisa maksimal.

Mahasiswa Yahudi Ketakutan usai Demo Anti-Israel Merebak di Kampus-kampus New York

"Indonesia negara terbesar di ASEAN dan terbesar keempat di dunia dari segi penduduk. Untuk itu kita punya program finansial inklusi agar masyarakat punya seluruhnya bank account yang targetnya 75 persen tahun ini," tutur dia.

Sejak diluncurkan pada 27 Oktober 2018 bersama tujuh bank, OJK mencatat bahwa terdapat 11.052 rekening simpanan mahasiswa dan pemuda hingga Juni 2019. Dari jumlah rekening tersebut, nominal dana yang ditabung mencapai Rp12,4 miliar.

Pusat Penelitian dan Pengkajian Energi Baru dan Terbarukan (P3EBT) milik ITPLN.

Waktu Pendaftaran Mahasiswa Baru Institut Teknologi PLN Tahun 2024/2025 Diperpanjang

ITPLN (Institut Teknologi PLN) telah mengumumkan bahwa masa penerimaan mahasiswa baru untuk tahun akademik 2024/2025 akan diperpanjang hingga Senin 29 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024