OJK: Pemuda Harus Mau Jadi Pengusaha, Kalau Semua PNS Negara Rugi

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta kepada para mahasiswa dan pemuda mempersiapkan masa depannya dengan cara menabung. Dana yang terkumpul nantinya bisa dimanfaatkan sebagai salah satu sumber pendanaan bagi usaha rintisan. 

Pemkab Tangerang Benarkan PNS Mereka Ditangkap Densus

Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso mengatakan, hal itu perlu diupayakan lantaran Indonesia merupakan negara yang memiliki jumlah penduduk sebanyak 262 juta orang. Untuk memakmurkan masyarakat dengan jumlah tersebut, akan sulit jika pemudanya tidak punya jiwa berbisnis.

"Bahkan 262 juta sekarang. Bayangkan bagaimana memakmurkan penduduk yang banyak bukan hal yang mudah. Caranya di antaranya pagi ini, kita ingin beri pancingan bagi generasi muda terutama mahasiswa (untuk menabung)," tutur Wimboh saat membuka acara “Simpanan Mahasiswa dan Pemuda,” di Gedung BPPT, Jakarta, Selasa, 30 Juli 2019.

Ditangkap Densus, Status PNS di Kabupaten Tangerang Tersangka Teroris

Dengan uang yang dimiliki mahasiswa tersebut, dan kemudian sebagiannya disisihkan untuk ditabung di industri jasa keuangan, maka pemuda Indonesia memiliki kesiapan untuk memasuki masa kerja, terutama dengan membuka usaha sendiri meski Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau UMKM.

Katanya, pada dasarnya Indonesia sudah memiliki contoh bagaimana pemuda memiliki industri yang mulanya hanya berbentuk rintisan atau UMKM, kini bisa memiliki aset miliaran dolar atau yang sering dikenal sebagai unicorn.

PNS di Kabupaten Tangerang Ditangkap Densus 88

"Kita punya empat unicorn sekarang yang tadinya startup kecil tapi sekarang asetnya miliaran dolar. Untuk itu mau tidak ini jadi punya unicorn, fintek online dan sebagainya ini startup yang bisa kita bangun, kita punya inkubator jadi bukan hanya tabungan yang kita provokasi tapi juga berusaha, duit banyak, tabungan banyak," ujar dia.

Karena itu, dia meminta para mahasiswa dan pemuda Indonesia jangan cuma cita-cita sebatas sebagai seorang pegawai negeri sipil atau PNS. Sebab, ditegaskannya, jika masyarakat Indonesia seluruhnya bekerja sebagai PNS, negara akan rugi.

"Kalau semua mau jadi PNS, negara rugi. Berusaha lah, bagaimana mendapat pembinaan jadi entrepreneur. Kita kalau mimpi enggak boleh pelit, nanti tentunya tabungan bukan hanya biasa, banyak macem, ada tabungan emas yang sejarahnya harga enggak bisa turun, didiemin aja naik. Ini salah satu contoh tapi banyak skema yang bisa nambah nilai uang," tutur Wimboh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya