Keliling Danau Toba Tiga Hari, Jokowi Ingin Promosinya Lebih Gencar

Presiden Jokowi di kawasan wisata Danau Toba
Sumber :
  • VIVA/Uga Andriansyah

VIVA – Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke kawasan wisata Danau Toba selama tiga hari. Kali ini hampir semua titik wisata seperti di Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Simalungun, Tobasa, dan Samosir didatangi.

Pelari Indonesia, Malaysia Hingga Amerika Siap Bertarung di Trail of The Kings Danau Toba 2024

Jokowi menjelaskan bahwa semua objek wisata di titik-titik yang dikunjunginya itu, segera diselesaikan pembangunannya guna mendukung Danau Toba sebagai salah satu Kawasan Strategis Pariwisata Nasional atau KSPN super prioritas.

"Saya sudah cek juga jalan di keliling Pulau Samosir ini, sudah selesai. Tinggal 21 kilometer, tahun ini rampung,” kata Jokowi di lokasi proyek Tano Ponggor, Toba Samosir, Sumatera Utara, Rabu 31 Juli 2019.

Puncak Arus Balik Lebaran di Sumut Berlangsung Selama 3 Hari

Selain itu, untuk sejumlah Desa Adat termasuk Kampung Ulos Hutabarat yang sempat dikunjunginya, Jokowi menegaskan bahwa kesemuanya akan turut direhab total.

Kemudian, upaya pemindahan dan perbaikan sejumlah pasar, baik pasar kebutuhan pokok bagi masyarakat maupun pasar suvernir, juga akan dikerjakan tahun ini hingga tahun depan supaya bisa turut mendukung objek-objek wisata tersebut.

Geopark Kaldera Toba, Situs Diakui UNESCO yang Miliki Ragam Aktivitas Wisata

"Mudah-mudahan ini selesai semuanya, termasuk juga dermaga, pelabuhan, akan diselesaikan semuanya. Sehingga kapalnya juga akan dibelikan lagi, ditambah," ujar Jokowi.

Presiden memastikan bahwa setelah semuanya selesai pada 2020, maka kawasan wisata Danau Toba ini akan dipromosikan secara besar-besaran.

"Insya Allah tahun depan. Meski sekarang sudah mulai, tapi promosi besar-besarannya tahun depan setelah semua produk ini betul-betul selesai," kata Jokowi.

Karenanya, berbagai tujuan dan objek wisata yang merupakan 'produk' dari kawasan Danau Toba ini, akan digenjot pembenahan dan persiapannya guna menjadi tujuan wisata berkelas internasional.

"Produknya itu ya Desa Adat, Desa Ulos, pasarnya, pasar suvenir, jalannya sudah siap, dermaganya siap, termasuk terusan Tano Ponggol ini," kata Jokowi.

"Karena (terusan Tano Ponggol) ini pekerjaan besar, dilebarkan 80 meter, sehingga nanti kapal itu bisa muter Pulau Samosir,” ujar Presiden.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya