Logo DW

Pasar Ekspor Minyak Sawit Terbesar RI di India Direbut Malaysia

picture alliance/ZUMA Press/Y. Seperi
picture alliance/ZUMA Press/Y. Seperi
Sumber :
  • dw

Peningkatan volume pengiriman minyak sawit olahan ke India tentu akan menguntungkan pihak Malaysia. Namun secara bersamaan hal ini juga menekan volume impor dari Indonesia.

India berperan penting dalam urusan perdagangan sawit mengingat negara ini adalah importir minyak sawit terbesar di dunia.

Pada Januari 2019, India memangkas bea impor untuk pengiriman minyak sawit dari 54 persen menjadi 50 persen. Namun pengiriman dari Malaysia hanya dikenai bea sebesar 45 persen berkat adanya Perjanjian Kerja sama Ekonomi Komprehensif antara kedua negara, yang ditandatangani hampir satu dekade lalu.

Perjanjian ini telah membantu Malaysia meningkatkan pangsa pasar penjualan minyak sawit mereka ke India menjadi 52 persen pada paruh pertama 2019, dibandingkan dengan hanya 30 persen pada 2018, ujar Mohd Bakke Salleh, Ketua Dewan Minyak Kelapa Sawit Malaysia (MPOB) di Mumbai, India.

Berdasarkan data MPOB, impor minyak sawit India dari Malaysia melonjak menjadi 2,59 juta ton pada semester pertama, sementara periode yang sama tahun 2018 hanya sebesar 1,39 juta ton.

"Kami mengharapkan pangsa pasar tetap sama pada semester kedua," ujarnya.

Perbanyak permintaan dalam negeri