Sah, Destry Damayanti Resmi Dilantik Sebagai Deputi Gubernur Senior BI

Deputi Gubernur Senior BI, Destry Damayanti.
Sumber :
  • VIVA/Dyah Pitaloka

VIVA – Destry Damayanti resmi dilantik sebagai Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia di Gedung Mahkamah Agung (MA), Rabu 7 Agustus 2019. Upacara pengucapan sumpah jabatan Destry dilakukan di hadapan Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali.

BI Ungkap Penyebab Rupiah Tembus Rp 15.600 per Dolar AS

Pelantikan Destry ditetapkan dalam Keputusan Presiden nomor 74/P 2019 tanggal 29 Juli 2019. Sebelum ditetapkan, Ketua MA Hatta Ali meminta kesediaan Destry untuk mengucapkan sumpah yang menjadi kewajiban dalam memangku jabatan tersebut.

"Bersediakah saudara mengucapkan sumpah jabatan menurut agama saudara," tanya Hatta dalam prosesi pelantikan.

70 Persen Inflasi dari Pangan, BI Ajak Masyarakat Tanam Cabai

Destry lantas menyatakan bersedia. Selanjutnya, naskah sumpah jabatan diserahkan kepada Destry Damayanti untuk dibacakan.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya untuk menjadi Deputi Gubernur Senior BI langsung atau tidak langsung dengan nama atau dalih apapun tidak menjanjikan atau memberikan sesuatu apapun kepada siapa pun juga," ucap Destry membaca naskah tersebut.

Utang Luar Negeri Indonesia Turun Jadi US$413,6 Miliar

Mantan anggota Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) itu juga bersumpah tak akan menerima secara langsung atau tidak langsung dari siapapun juga terkait suatu janji dalam bentuk apapun. Dia juga bersumpah akan melaksanakan kewajiban dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab.

"Saya bersumpah akan setia terhadap negara konstitusi dan haluan negara," ujarnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso, Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Halim Alamsyah, juga tampak hadir Putra Pertama Presiden ke-6, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Dikutip dari berbagai sumber, Destry sebelumnya merupakan anggota Dewan Komisioner LPS. Jabatan itu dia emban sejak September 2015. Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia itu mendapatkan gelar Master of Sciencedari Cornell University, New York, Amerika Serikat. [mus]

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya