Logo WARTAEKONOMI

Gojek Akuisisi Moka?

Go-Jek Akuisisi Moka? (FOTO: KrAsia)
Go-Jek Akuisisi Moka? (FOTO: KrAsia)
Sumber :
  • wartaekonomi

Moka dikabarkan akan diakuisisi oleh salah satu unicorn Indonesia, Go-Jek, menurut narasumber yang mengetahui informasi mengenai kesepakatan tersebut kepada KrAsia (7/8/2019).

Moka membangun teknologi point-of-sale (POS) seluler untuk UMKM di Indonesia sejak berdiri pada 2014. Sejauh ini, startup itu telah mengumpulkan hampir US$40 juta dari investor, antara lain East Ventures dan Sequoia Capital.

CEO Moka, Haryanto Tanjo mengatakan, kabar akuisisi tersebut hanyalah rumor. "Kami tak mengomentari spekulasi pasar," katanya dilansir dari KrAsia.

Ia pun menyampaikan, Moka bermitra dengan dompet digital ekosistem Go-Jek. Sejauh ini, Moka merupakan platform independen yang juga bekerja sama dengan pembayaran digital lain, termasuk Ovo, Dana, dan LinkAja. Bahkan, ada solusi pembayaran kartu kredit digital seperti Kredivo dan Akulaku.

Ketika ditanyai soal akuisisi terhadap Moka, Go-Jek mengatakan, "Kami tidak mengomentari rumor dan spekulasi."

Jika benar, akuisisi Go-Jek terhadap Moka akan cocok dengan pola pengembangan ekosistem pembayaran unicorn itu di masa lalu.

Pada 2016, platform itu mengakuisisi MVCommerce sebagai langkah strategis untuk memperoleh lisensi uang digital yang menjadi basis Go-Pay. Lalu pada 2017, perusahaan itu mengakuisisi Midtrans, Kartuku, dan Mapan; tiga perusahaan pembayaran dengan segmen yang berbeda.