Kekayaan Hary Tanoe Vs Donald Trump, Tajir Siapa?

Donald Trump saat bersama Hary Tanoesoedibjo, di New York, AS.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Putra sulung Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump Jr datang ke Indonesia pada Selasa, 13 Agustus 2019. Kedatangan Wakil Eksekutif Trump Organization itu dalam rangka kerja sama dengan Grup MNC untuk pembangunan dua proyek di Bali dan Lido.

Hasil Sementara Caleg DPR RI Banten, Airin Kalahkan Rano Karno hingga Hary Tanoesoedibjo

Trump Jr bilang, kedua proyek di Bali dan Lido merupakan bagian dari sejumlah proyek yang telah didaftarkan Trump Organization sebelum ayahnya dilantik menjadi presiden negara Paman Sam. Sementara resort di dua lokasi itu akan dikembangkan secara bertahap dalam waktu tiga tahun, dengan nilai investasi mencapai US$1,7 miliar atau sekitar Rp24 triliun.

Ketua dan CEO Grup MNC, Hary Tanoesoedibjo sebelumnya mengatakan bahwa sebagai mitra bisnis Trump, dia meyakini kerja sama ini bisa membantu hubungan antarkedua negara. Dan sebagai mitra bisnis, keduanya dikenal sebagai pengusaha sukses dengan bisnisnya di mana-mana. Di antara kedua taipan itu, siapa yang lebih tajir, Hary Tanoe atau Donald Trump?

Di Hadapan Pendukung Hary Tanoesoedibjo Beberkan Alasan Kenapa Harus Ganjar-Mahfud

Diolah dari berbagai sumber, simak yuk ulasan singkat tentang kekayaan dua orang tajir ini.

Hary Tanoe

Bersama Siti Atikoh Resmikan Puskestren, Hary Tanoe: Santri Harus Sehat Fisik juga Rohani

Berdasarkan data Forbes terbaru, Hary Tanoe mengantongi kekayaan sebesar US$1,1 miliar atau sekitar Rp15 triliun. Hal itu membuat namanya berada di urutan ke-20 orang terkaya negeri ini. Bahkan, pria 52 tahun itu merupakan miliarder termuda dari Indonesia dalam daftar Forbes.  

Kekayaan pria yang akrab dengan panggilan HT itu didapat dari kerajaan bisnisnya yang menggurita. Grup MNC yang memiliki tiga bisnis utama: media, jasa keuangan dan properti menjadi kontributor kekayaannya.

Dia merajai bisnis media di Tanah Air. Melalui MNC media, HT punya RCTI TV, MNC TV, Global TV, iNews TV, radio, tiga media online, koran dan sejumlah majalah nasional. Dia juga memiliki banyak saluran tv lokal dan beberapa televisi berlangganan.  

Sementara melalui MNC Kapital Indonesia, HT punya bank, perusahaan leasing, sekuritas, asuransi hingga manajer investasi. Di sektor properti, melalui MNC Land, proyek bersama Trump merupakan segelintir proyek yang tengah dikerjakan. HT baru-baru ini juga membeli rumah mewah milik Donal Trump di Beverly Hills, Los Angeles senilai Rp193 miliar.    

Baca juga: 6 Kontroversi Enzo, Si Bule Ganteng Taruna Akmil

Donald Trump

Dibanding HT, sebenarnya kekayaan Donald Trump jauh di atasnya. Dalam daftar miliarder dunia Forbes, Trump tercatat memiliki kekayaan senilai US$3,1 miliar atau sekitar Rp43,8 triliun. Peringkatnya naik dari posisi 766 ke 715 sebagai orang paling tajir di bumi.

Kekayaan pengusaha 73 tahun ini didapat dari warisan perusahaan real estate milik ayahnya, Elizabeth Trump & Son. Dalam perjalanannya, dia mengubah nama persahaan itu menjadi Trump Organization, yang bergerak di bisnis real estate dan properti. Bisnisnya kemudian merambah ke bidang kuliner.

Tak cuma itu, pencipta ajang Miss Universe ini juga mendapatkan penghasilan dari sejumlah aset yang dimilikinya, seperti Trump Tower, lapangan golf dan kasino. Bahkan, lelang namanya ke sejumlah perusahaan, seperti restoran, label fesyen dan sebagainya termasuk investasi saham menambah pundi-pundi kekayaannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya