Masuk List Keluarga Tertajir Dunia, dari Mana Kekayaan Pemilik Djarum?

profil tokoh Robert Budi Hartono
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Keluarga paling kaya di Indonesia, keluarga Hartono masuk dalam daftar 25 keluarga paling tajir di dunia tahun 2019. Mereka bahkan tembus peringkat 22 dalam daftar yang baru dirilis oleh Bloomberg belum lama ini.

Beda Gaya Hidup dengan Ustaz Solmed, Michael Hartono Hobi Makan di Warung Pinggir Jalan

Sebagai keluarga yang baru masuk dalam daftar itu, kekayaan Hartono bersaudara, yakni Michael Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono memang superfantastis. Michael saja tercatat punya kekayaan sebesar US$18,4 miliar atau sekitar Rp261 triliun, sedangkan Robert lebih besar lagi mencapai US$18,6 miliar atau setara Rp263,8 triliun.

Nah, kalau kekayaan kedua orang tajir ini digabung, totalnya mencapai Rp524,8 triliun. Angka itu bahkan lebih besar dibanding alokasi anggaran untuk pendidikan sebesar Rp505,8 triliun dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2020.

Hartono Bersaudara Kembali ke Puncak, Simak Daftar Terbaru 10 Orang Terkaya di Indonesia

Besarnya kekayaan kakak beradik Hartono itu berasal dari sejumlah lini bisnis miliknya. Mereka memiliki PT Djarum, yang merupakan salah satu perusahaan rokok terbesar di negeri ini. Selain itu, duo Hartono merupakan pemilik saham mayoritas di PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), yang merupakan bank swasta terbesar di Indonesia.

R. Budi & Michael Hartono orang terkaya di Indonesia

10 Orang Terkaya di Indonesia, Ada Dewi Kam Satu-satunya Wanita

Melalui bendera Grup Djarum, mereka memiliki sejumlah lini usaha yang memberikan kontribusi terhadap total kekayaan yang dimiliki saat ini. Sebut saja, perusahaan elektronik Polytron, situs web perdagangan elektronik Blibli.com, forum komunitas Kaskus, agen travel online Tiket.com, dan perusahaan perkebunan PT Hartono Plantation.  

Baca juga: Orang Tua Maksa Kerja di Bank, Apakah Riba? Ustaz Abdul Somad Menjawab

Selain itu, mereka juga punya bisnis properti dan perhotelan, di antaranya Hotel Indonesia Kempinski hingga pusat perbelanjaan WTC Mangga Dua. Melalui Global Digital International (GDI) mereka punya media daring Kumparan dan lewat Global Digital Niaga, Hartono bersaudara mendanai Gojek Indonesia.

Selain kerajaan bisnis yang menggurita miliki Michael dan Robert Hartono, Djarum juga melahirkan sejumlah atlet bulutangkis ternama di negeri ini. Lewat Persatuan Bulutangkis (PB) Djarum di Kudus yang didirikan sejak tahun 1969 silam, beberapa nama pebulutangkis yang ‘lahir’ dari sana, di antaranya Lim Swie King, Alan Budi Kusuma, Haryanto Arbi, Tontowi Ahmad, Mohammad Ahsan dan Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya