Logo WARTAEKONOMI

Hermanto Tanoko, Crazy Rich Surabaya Pemilik Merek Cat Avian

Sosok Hermanto Tanoko: Crazy Rich Surabaya Punya Kerajaan Bisnis yang Merajalela. (FOTO: Instagram).
Sosok Hermanto Tanoko: Crazy Rich Surabaya Punya Kerajaan Bisnis yang Merajalela. (FOTO: Instagram).
Sumber :
  • wartaekonomi

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki sederet orang kaya-raya. Dari sekian banyak, ada nama Hermanto Tanoko yang berasal dari Surabaya, Jawa Timur.

Siapakah dia? Hermanto merupakan pemilik hotel bintang lima yang dibangun seharga Rp1,8 triliun di bawah naungan perusahaan bernama Tanly Hospitality.

Selain Vasa, perusahaan ini juga menaungi Cleo Business Hotel, dan Hotel Solaris. Usut punya usut, Hermanto Tanoko adalah putra dari pendiri cat Avian, Soetikno Tanoko (Tan Tek Swie) yang membuka toko cat di Malang, Jawa Timur, pada 1962.

Toko kecil itu merupakan cikal bakal dari PT Avia Avian yang memproduksi cat tembok, besi, kayu, hingga otomotif. Hermanto sendiri sudah bekerja di perusahaan milik ayahnya selama 32 tahun, hingga saat ini.

Jabatan pertamanya pada saat itu adalah managing director of operations, dan saat ini ia menjabat sebagai komisaris utama.

Saat Hermanto memegang kendali perusahaan ini, cat Avian juga mencatatkan kinerja positif, lho.

Pada tahun lalu, pertumbuhan perusahaan ini mencapai 20 persen. Tahun ini mereka berniat membuka kantor pemasaran di Jayapura, Papua.