Tentang Anak Pengusaha Sofjan Wanandi yang Beli Klub Inggris

Lukito dan Wandi Wanandi
Sumber :
  • santini-group.com

VIVA – Perusahaan yang berbasis di Indonesia, Santini Group membeli saham minoritas klub Liga Inggris Tranmere Rovers. Hal itu diungkapkan oleh Chairman Tranmere Rovers, Mark Palios dalam situs resmi klub milik mereka.

Dipakai klub Inggris, Jersey Mills Masuk EA Sports FC 24

Santini Group saat ini dipimpin oleh putra pengusaha gaek Sofjan Wanandi. Adapun Sofjan memiliki tiga putra, yakni Emmanuel Lestarto Wanandi atau Wandi, A Lukito Wanandi dan Paulus Witarsa Wanandi. Santini merupakan perusahaan yang punya banyak lini bisnis, di antaranya perangkat otomotif, properti dan jasa, properti, media cetak, layanan konsultasi hingga distribusi global baterai otomotif.

Dikutip dari situs Santini Group, Sofjan Wanandi memimpin keluarga Wanandi memasuki industri komponen otomotif pada 1980. Dengan didirikannya PT Sapta Panji Manggala pada 1984, dia menyatukan anggota keluarganya dalam bisnis, dengan membentuk Gemala Group.

Kisah Pria Inggris Jadi Mualaf karena Temukan Al Quran di Stadion Manchester United

Dari cuma bergerak di industri komponen otomotif, perusahaan tersebut merambah ke lini bisnis lainnya, yakni farmasi dan kimia. Hingga pada 1987, berhasil ekspansi ke tingkat global dan mengakusisi perusahaan pertama, Century Batteries di Australia. Perusahaan ini pun makin mengglobal dan berkembang ke sektor properti dan lainnya.

Seiring berkembangnya perusahaan, akhirnya Sofjan dan putranya membentuk Santini Group pada 1994. Namun kesibukannya sebagai Ketua Dewan Pengembangan Usaha Nasional (DPUN) membuat dia menyerahkan tongkat bisnis perusahaan tersebut kepada putra-putranya pada 1999 lalu.

Belum Konfirmasi Hubungan dengan Fuji, Asnawi Mangkualam Curhat Punya Gaji Kecil

Putra Sofjan, yakni Lukito dan Wandi Wanandi menggantikan ayahnya memimpin Santini Group. Bagi kamu yang penasaran dengan pengusaha muda klan Wanandi, berikut ini info singkat tentang mereka.

Lukito Wanandi

Lukito merupakan lulusan Boston University, Amerika Serikat. Setelah itu, dia melanjutkan pendidikannya ke Nanyang Technological University di Singapura.

Di Santini Group, Lukito menjabat sebagai presiden direktur. Selain di Santini Group, dia ternyata juga menjabat sebagai presiden direktur, komisaris, presiden komisaris di sejumlah perusahaan. Lukito pun menjabat sebagai Sekretaris Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) periode 2018-2023.

Wandi Wanandi

Wandi bergabung di Santini Group setelah menuntaskan pendidikannya di Tufts University dan Carnegie Mellon University di Amerika Serikat serta pelatihan singkat di Yuasa Batttery, Jepang dan Exide Battery di Amerika Serikat.

Sebagai lulusan manufacturing engineering, Wandi punya pengalaman ciamik dalam komunikasi interpersonal dan jago bahasa Jepang maupun Inggris. Dengan keahliannya yang mumpuni itu, di Santini Group, dia berperan mengelola divisi manufacturing. Dia juga keliling Indonesia dan dunia untuk menggaet mitra baru demi mengembangkan perusahaan.

Baca juga: #BPJSRasaRentenir Jadi Trending Topic Gegara Mau Tagih Door To Door

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya