Logo DW

Vivy, Startup Bikinan Orang Indonesia yang Sukses Gemparkan Jerman

Co-founder dan CTO Startup Kesehatan Vivy, Rowanto.
Co-founder dan CTO Startup Kesehatan Vivy, Rowanto.
Sumber :
  • dw

Mendirikan perusahaan sendiri adalah impian banyak orang, yang diperlukan kerja keras dalam mewujudkannya. Bersama seorang rekan, lulusan Media Informatika asal Medan, Sumatera Utara bernama Rowanto, memulai dan menjalankan startup kesehatan, Vivy, di Berlin, Jerman.

Kantor Vivy yang berlokasi di pusat kota Berlin ini sangat hidup. Sebab, tidak jauh dari salah satu pusat atraksi turis Checkpoint Charlie. Suasana di dalam kantor Vivy senada dengan ciri khas Berlin sebagai kota penuh startup modern.

Tim internasional yang anggotanya kebanyakan milenial atau anak muda terlihat santai. Bahasa yang dominan terdengar adalah bahasa Inggris.

Vivy adalah sebuah aplikasi asisten kesehatan, yang diluncurkan pada September 2018. Ide awal datang dari Christian Rebernik, yang kemudian memulai startup-nya bersama pakar informatika Rowanto.

Co-Founder berusia 29 tahun ini sekarang menjabat sebagai CTO (chief technology officer). Sejak Christian dan Rowanto mulai membangun Vivy, timnya sudah berkembang sampai sekarang terdiri dari 84 orang dengan berbagai latar belakang keahlian.

Memulai startup setelah mengumpulkan pengalaman

Mengaku sudah tertarik dengan dunia informatika dari kecil, Rowanto juga sering belajar informatika dari kedua kakaknya yang berprofesi di bidang ini.