Logo BBC

Harga Minyak Dunia Melambung Setelah Saudi Aramco Diserang Drone

Kepulan asap terlihat di fasilitas Aramco di Kota Abqaiq, Arab Saudi. - Reuters
Kepulan asap terlihat di fasilitas Aramco di Kota Abqaiq, Arab Saudi. - Reuters
Sumber :
  • bbc

Harga minyak dunia menembus taraf tertinggi dalam empat bulan terakhir setelah dua serangan terhadap fasilitas Arab Saudi menghabisi pasokan minyak dunia.

Pada pembukaan pasar, minyak mentah Brent melonjak 19 persen menjadi US$71,95 per barel, sementara harga West Texas Intermediate naik 15 persen menjadi US$63,34.

Harga-harga mengendur sedikit setelah Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, memerintahkan penggelontoran cadangan minyak AS. Namun, perlu waktu beberapa pekan ke depan sampai fasilitas minyak Arab Saudi kembali beroperasi.

Aramco, perusahaan minyak negara Saudi, mengatakan dua serangan mengakibatkan hilangnya 5,7 miliar barel per hari.

Serangan drone menyasar kilang minyak Abqaiq dan ladang minyak Khurais yang dikelola perusahaan minyak negara Aramco. Kilang itu disebut sebagai fasilitas pemrosesan bahan bakar minyak terbesar di dunia.

"Aparat Saudi mengklaim telah mengendalikan api, namun jauh dari memadamkannya," kata Abhishek Kumar, kepala analisis Interfax Energy di London.

"Kerusakan pada fasilitas di Abqaiq dan Khurais tampaknya luas dan perlu berminggu-minggu sampai cadangan minyak kembali normal," tuturnya.