Logo WARTAEKONOMI

Harga Minyak Melesat, Kekayaan Miliarder Ini Nambah Rp28 T Tiap Hari

Harga Minyak Melesat Tanpa Henti, Kekayaan Miliarder Ini Nambah Rp28 Triliun Setiap Hari. (FOTO: nytimes.com)
Harga Minyak Melesat Tanpa Henti, Kekayaan Miliarder Ini Nambah Rp28 Triliun Setiap Hari. (FOTO: nytimes.com)
Sumber :
  • wartaekonomi

Harga minyak melonjak secara besar-besaran usai terbakarnya fasilitas minyak raksasa milik Arab Saudi, Saudi Aramco, akibat serangan drone pada Sabtu, 14 September 2019. Sejalan dengan meningkatnya harga minyak, harta kekayaan miliarder asal Amerika Serikat (AS), Harold Hamm juga melesat.

Miliarder berusia 73 tahun tersebut merupakan pengusaha di bidang minyak dan gas. Harga saham perusahaannya, Continental Resources Inc., melonjak 22 persen pada perdagangan Senin, 16 September 2019. Berdasarkan data Bloomberg, kenaikan tersebut merupakan yang terbesar sejak 2016.

Berdasarkan pelonjakan saham tersebut, harta Hamm tercatat terus mengalami kenaikan setiap harinya sebesar US$2 miliar atau sekitar Rp28,2 triliun. Peningkatan serupa berlaku untuk nilai kekayaan Hamm, yang kini mencapai US$11,6 miliar. Dia memiliki porsi kepemilikan sebesar 77 persen dalam perusahaan yang berbasis di Oklahoma City, AS itu.

Seperti diketahui, akibat terbakarnya Saudi Aramco, perusahaan raksasa minyak itu kehilangan sekitar 5,7 juta barel setiap harinya. Serangan terhadap jantung produksi minyak Arab Saudi itu serta merta mendongkrak harga minyak. Pejabat Aramco apalagi disebut-sebut tidak optimistis bahwa akan ada pemulihan yang cepat dalam hal produksi.