Logo WARTAEKONOMI

Pria Ini Ikhlas Keluarkan Rp1 Triliun Bayar Kuliah Ratusan Mahasiswa

Usai Bayar Utang 400 Mahasiswa, Konglomerat Ini Lunasi Seluruh Utang Wali Murid. (FOTO: CNN.com)
Usai Bayar Utang 400 Mahasiswa, Konglomerat Ini Lunasi Seluruh Utang Wali Murid. (FOTO: CNN.com)
Sumber :
  • wartaekonomi

Robert F Smith dikenal sebagai konglomerat asal Amerika Serikat (AS) yang dermawan. Tak tanggung-tanggung, ia rela merogoh koceknya hingga US$74 juta (Rp1,02 triliun) hanya untuk melunasi tagihan pendidikan para mahasiswa dan utang orangtuanya di universitas tersebut.

Rinciannya, seperti dikutip dari Business Insider, Selasa (24/9/2019), pada Mei kemarin, Smith mengeluarkan dana hibah sebesar US$40 juta (Rp580 miliar) untuk 400 mahasiswa.

Kemudian, ia kembali mendonasikan uangnya senilai US$34 juta (Rp472,4 miliar) untuk program baru di universitas khusus kulit hitam itu bernama Student Success Program di bulan yang sama.

CEO dari Vista Equity Partners tersebut bersedia membayar seluruh tagihan pendidikan dan utang orangtua para mahasiswa yang lulus pada Mei 2019.

"Ini menjadi harapan kita agar lulusan-lulusan Morehouse bisa bebas finansial untuk menggapai cita-cita mereka, melayani masyarakat dan mengenang kebaikan Smith yang telah membantu mereka," demikian keterangan resmi yang dikeluarkan Morehouse College.

Sebenarnya, Smith sudah mengatakan tentang donasi ini saat berpidato di depan murid-murid angkatan 2019. "Keluargaku akan membuat jaminan pelunasan utang pendidikan kalian," ujarnya kala itu.

Robert F Smith merupakan miliarder asal AS yang kini memiliki harta sebesar US$5 miliar (hampir Rp70 triliun), berdasarkan data dari Forbes pada Agustus tahun ini.