Ekonomi Digital Indonesia di 2019 Tumbuh 5x Lipat, Total Rp566 Triliun

Kompetisi Komik Google #JagaPrivasimu
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia diketahui jadi yang paling terdepan se-Asia Tenggara. klaim ini berdasarkan laporan e-Conomy SEA 2019 yang disusun Google, Temasek dan Bain & Company.

Menurut blog Google Indonesia, dalam laporan disebutkan bahwa ekonomi internet di Tanah Air tumbuh lima kali lipat, menjadi US$40 miliar atau Rp566 triliun, dari sebelumnya US$8 miliar atau Rp113 triliun pada 2015.

Menjadi negara yang paling cepat berkembang, pada 2025 negara kita berpotensi memiliki nilai hingga US$130 miliar atau Rp1,8 kuadriliun.

Pertumbuhan didominasi oleh kegiatan ekonomi di Jabodetabek dengan total pembelanjaan US$555 per kapita atau Rp7,8 juta, sedangkan diluar wilayah itu hanya US$103 per kapita atau Rp1,5 juta.

"Hal ini berdampak pada literasi finansial yang belum merata. Hanya 42 juta orang yang menerima layanan perbankan dan keuangan. Sebanyak 47 juta orang lainnya masih 'Underbanked', memiliki rekening bank tetapi tidak memiliki akses kredit, investasi dan asuransi," kata perusahaan pada postingan blog.

Pertumbuhan ini didorong oleh industri yang memang tengah berkembang pesat di Asia Tenggara, seperti e-commerce, online media, ride hailing, online travel dan financial services.

Masih dalam laporan yang sama. Dari keempat sektor, e-commerce memiliki pertumbuhan yang paling pesat, 12 kali lipat sejak 2015 dengan pertumbuhan rata-rata 88 persen dengan nilai US$21 miliar atau Rp297 triliun

Dalam empat tahun terakhir pencarian terkait eCommerce, seperti voucher, kupon, promosi dan harbolnas angkanya juga meningkat dua kali lipat. Artinya kehadirannya bisa memberi pengalaman belanja yang unik, yang sebelumnya belum pernah ada.

Siap-siap, Berselancar di Mesin Pencari Google Tidak Gratis
Logo Google.

Google Plans to Charge for AI-powered Search Engine

Google plans to introduce an artificial intelligence (AI)-powered search engine feature named Search Generative Experience (SGE) with a charge.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024