Logo WARTAEKONOMI

Tol Langit Sudah Mengudara, Apa Saja Keuntungannya buat UKM?

Tol Langit Sudah Mengudara, Apa Saja Keuntungannya buat UKM?. (FOTO: Septianda Perdana)
Tol Langit Sudah Mengudara, Apa Saja Keuntungannya buat UKM?. (FOTO: Septianda Perdana)
Sumber :
  • wartaekonomi

Presiden secara resmi telah meluncurkan atau tol langit pada Senin (14/10/2019) lalu, yang merupakan proyek skala besar pemerintah untuk membangun jaringan serat optik yang menjangkau 34 provinsi dan 440 kota/kabupaten di Indonesia.

Sebagai pelaksana dan pemilik Palapa Ring, percaya beroperasinya Palapa Ring akan berdampak positif bagi akselerasi pembangunan dan perekonomian di daerah luar Jawa. Hal ini menjadi keuntungan bagi pebisnis lokal dan UKM yang rata-rata menjadi penyumbang terbesar pendapatan di beberapa daerah.

Lalu, apa saja manfaat nyata Palapa Ring bagi UKM dan bisnis lokal?

1. Konektivitas semakin nyata

Pembangunan tol langit ini dibagi menjadi tiga wilayah, yaitu Palapa Ring Barat, Tengah, dan Timur. Di masing-masing wilayah, Kemenkominfo bermitra dengan penyedia layanan telekomunikasi dan internet untuk menyediakan koneksi internet.

Saat ini, Kemenkominfo mengklaim kecepatan internet Palapa Ring tembus 40 Mbps, dan upload mencapai 7 Mbps. Tol langit membuat akses informasi dan komunikasi menjadi lebih terbuka.

Konektivitas ini bermanfaat untuk mempermudah transaksi secara online, mendistribusikan barang dengan ke tempat yang belum terjangkau sebelumnya, dan mendekatkan bisnis lokal dengan e-commerce dan toko online.