Nasehat untuk Wirausaha Pemula, Punya Ide Bisnis Langsung Eksekusi

Ilustrasi industri kreatif.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Saat ini, lebih dari 171 juta orang atau 64,8 persen warga Indonesia merupakan pengguna internet mobile setiap hari.

Dongkrak Industri Kreatif, Sandiaga Uno Dorong Sinergi Pemerintah dan Pelaku Usaha

Mereka juga sangat aware dengan e-commerce dan transaksi digital lainnya dalam menjalankan aktivitas bisnis maupun konsumsi.

Perkembangan industri kreatif dan hiburan di Indonesia terus tumbuh pesat dari tahun ke tahun. Pertumbuhan pesat ini, utamanya, ditopang oleh perkembangan teknologi digital dan internet mobile yang kini telah menjadi kebutuhan utama setiap orang.

Kemenparekraf Dukung Penuh Karya Anak Bangsa Platform Komik Digital Comicone.id

Menurut Vice President Sales and Partnership KiosTix, Andhika Soetalaksana, hampir semua penyelenggaraan event saat ini telah dilakukan secara digital, seperti dalam proses pembelian tiket secara online maupun transaksi lainnya.

Apalagi, pemerintah telah mencanangkan industri kreatif sebagai salah satu kegiatan ekonomi unggulan. "Ini berarti kini dunia digital membuka peluang kerja luas, termasuk di industri hiburan," ujar Andhika di Jakarta, Rabu, 30 Oktober 2019.

Dwidayatour Dukung Gekrafs dengan Fasilitas Perjalanan, Wujudkan Agenda Kreatif

Menurutnya, banyak sekali aktivasi acara-acara seni, budaya, pentas musik, dan olahraga yang digelar setiap pekan di Jakarta, yang semuanya membutuhkan sentuhan teknologi digital dalam menunjang sukses pelaksanaannya.

Ia lalu mencontohkan, ada lebih 60 SMA di Jakarta yang rutin menyelenggarakan acara pentas seni (pensi) yang acaranya selalu sukses dihadiri ratusan hingga ribuan penonton. "Kami membantu mereka dalam pemasaran dan manajemen tiket acara. Di sini menariknya," tutur Andhika.

Sementara itu, Revvi Sudirnoputra selaku chief technology officer KiosTix, menekankan mengenai pentingnya kemampuan menciptakan inovasi-inovasi baru dan menguasai perkembangan pengetahuan terbaru dalam dunia digital.

Untuk bisa menjadi wirausaha atau entrepreneur digital yang baik, kuncinya harus terus-menerus mau belajar karena perkembangan teknologi sangat cepat dan manusia dituntut untuk terus bisa mengikuti.

"Untuk bisa menjadi entrepreneur digital yang sukses mahasiswa perlu mengembangkan jiwa yang kreatif dan penuh curiosity," ujarnya.

Kalau sekarang punya ide bisnis sebaiknya segera dieksekusi. Misalnya, jika ingin men-develop sebuah website atau membuat program. "Ide bisa didapatkan dari mana-mana, eksekusi lebih penting,” tegas Stephany.

KiosTix menggelar roadshow ruang diskusi dari kampus ke kampus untuk berbagi pengetahuan dengan masyarakat dan komunitas kreatif, terutama para mahasiswa tentang perkembangan industri digital dan tren dunia hiburan.

Tahun ini ruang diskusi sudah digelar di Universitas Indonesia, Prasetiya Mulya, Binus, Universitas Multimedia Nusantara (UMN), dan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya