Ingin Seperti Finlandia, Petugas di Dalam Bus Transjakarta Ditiadakan

Bus Transjakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

VIVA – Mulai hari ini, Rabu 6 November 2019, tidak akan ada lagi petugas di dalam bus koridor 1 (Blok M - Kota) layanan Transjakarta?.

ASDP Catat 98,2 Persen Penumpang Ferry Sudah Punya Tiket saat Sampai Pelabuhan

Menurut Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Agung Wicaksono, Transjakarta mengujicoba sistem pelayanan baru, yaitu 'way finding' di salah satu koridor transportasi utama di ibu kota itu.

"Cara baru menjelajah transportasi di Jakarta diterapkan dengan way finding ini," ujar Agung di Jakarta, Selasa, 5 November 2019 dilansir dari VIVAnews.

Detik-detik Bus Pahala Kencana Hangus Terbakar di Tol Jomo, Diduga Gegara Pecah Ban

Agung menyampaikan, alih-alih di bus, petugas-petugas, akan ditempatkan di halte-halte sepanjang Blok M - Kota. Selain itu, akan ada juga petugas yang berkeliling dari bus ke bus untuk memastikan keamanan penumpang dan situasi di bus.

"Jadi pelanggan tidak perlu khawatir dengan tidak adanya petugas di dalam bus," ujar Agung.

Bus Bandung-Denpasar Terbakar di Tol Jomo, 36 Orang Penumpang Selamatkan Diri

Agung juga mengemukakan, dengan sistem way finding, penumpang, bisa menggunakan peta yang disediakan di dalam bus untuk secara mandiri melakukan navigasi atas perjalanan mereka.

Cara ini telah diterapkan di sistem transportasi sejumlah kota besar di dunia, seperti Helsinki di Finlandia.

"TransJakarta menambah informasi yang jelas di dalam bus seperti peta rute beserta gedung-gedung terdekat yang bersinggungan dengan halte," ujar Agung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya