Maling Siber Kian Canggih, Perbankan Dituntut Berbenah

Ilustrasi transaksi keuangan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA – Saat ini keamanan siber (cyber security) merupakan hal yang menjadi fokus utama dalam bisnis. Hal tersebut semakin terlihat dari seberapa besarnya kerugian yang dapat dialami oleh perusahaan karena kurangnya perhatian dalam aspek keamanan informasi teknologi (IT).

Tabungan Bisa Terkikis Inflasi, Ini Bisa Jadi Salah Satu Opsi Simpanan

Perkembangan teknologi di industri keuangan harus diimbangi dengan penyediaan perangkat canggih dan bebas dari ancaman yang berpotensi memperlemah sistem.

Beberapa kasus ransomware dan pembobolan data bukan hanya harus diperlakukan sebagai peringatan kepada industri, tetapi juga sebagai pelajaran bahwa keamanan seharusnya menjadi prioritas dalam bisnis.

Bamsoet Ingatkan AHY soal Mafia Tanah Kerap Berkolaborasi dengan Mafia Peradilan

Standar keamanan yang tinggi bahkan diaplikasikan kepada sistem platform seperti IBM Power i System. Vice President of Global Security ServicesHelpSystems, Carol Woodbury mengatakan, di industri perbankan, IBM i merupakan salah satu sistem operasi yang memiliki keamanan sangat tinggi, namun hal itu saja dinilai tidak cukup.

Seiring semakin pesatnya perkembangan teknologi saat ini, perbankan dituntut untuk lebih siap dan melakukan penyesuaian. Selain dari sisi teknologi, sisi keamanan alias perlindungan konsumen juga turut diperhatikan.

Panik Kepergok Warga, Maling Warung Sembako di Tangsel Naik ke Genteng

Perkembangan teknologi yang pesat juga diikuti oleh meningkatnya risiko serangan siber ke sistem keuangan.

“Serangan siber merupakan hal yang tidak dapat dihindari. Para maling siber berkembang semakin canggih, begitu pula dengan jenis-jenis ancaman dan serangan baru. Ancaman itu berlaku untuk sistem IBM juga,” kata Carol, Jumat, 8 November 2019.

Menurutnya, terdapat perbedaan yang sangat signifikan mengenai keamanan sistem yang diterapkan dengan tujuan untuk mengamankan serta sistem yang sekadar ditujukan untuk memenuhi regulasi (compliance).

Suatu sistem tidak akan pernah aman hingga penggunanya memastikan benar-benar mengamankannya.

Carol lalu menyebut sistem yang dimiliki IBM memiliki rancangan keamanan siber yang kompleks sehingga membutuhkan solusi sepadan untuk mengelola perlindungan sistem tersebut.

HelpSystems memiliki perhatian khusus dalam keamanan sistem IBM i melalui solusi-solusi yang dirancang khusus untuk sistem IBM i, seperti Powertech Command Security, Powertech Exit Point Manager, Powertech SIEM Agent, yang mana mendukung fungsi seperti identifikasi, monitoring, hingga perlindungan data.

"HelpSystems mampu menyediakan solusi komprehensif bagi pengembangan keamanan siber dalam menunjang operasional industri perbankan," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya