Gaji Langsung Habis, Tandanya Kamu Wajib Simak Tips Keuangan Ini

Go-Send Go Lucky
Go-Send Go Lucky
Sumber :
  • Go-Send

VIVA – Tunjuk tangan, siapa yang selalu menantikan tanggal gajian tiba? Kamu yang sudah bekerja tentu paham betul kalau tanggal ini memang selalu ditunggu-tunggu. Pasalnya, setelah bekerja selama satu bulan penuh, akhirnya tenaga dan usaha kamu terbayarkan dengan sejumlah uang yang masuk ke rekening.

Pasti, selalu ada perasaan butuh memberi apresiasi diri atas kerja keras selama satu bulan tersebut dengan berbagai kegiatan yang menyenangkan. Mulai dari jalan-jalan, makan di restoran fancy, sampai beli barang-barang yang sudah diincar dari beberapa waktu lalu. Karena merasa memiliki banyak uang, akhirnya semua hal itu pun dilakukan.

Tak heran, kalau akhirnya gaji kamu pun mulai menipis atau bahkan sudah habis meskipun masih tanggal muda. Merasa familiar dengan hal itu? Kalau iya, tandanya ada beberapa hal yang perlu kamu ubah dalam manajemen keuangan kamu. Coba simak beberapa tips berikut supaya kamu gak perlu makan mie instan setiap hari.

Langsung Tabung Setelah Gajian

Segeralah sisihkan sebagian uang kamu untuk ditabung saat kamu menerima gaji. Jangan menunggu di akhir untuk menabung sisa-sisa gaji kamu. Kamu bisa menentukan jumlah nominal terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan, lalu pisahkan ke dalam rekening khusus tabungan. Akan lebih baik jika kamu bisa menyisihkan dalam jumlah agak banyak supaya biaya pengeluaran pribadimu bisa kamu tekan.

Catat Pengeluaran Harian

Mencatat pengeluaran harian juga bisa dilakukan untuk melihat cerminan pengeluaran kamu dalam sehari. Setelah itu, jumlahkan seluruh pengeluaran yang ada di catatan untuk mengetahui biaya yang digunakan dalam sebulan digunakan untuk apa saja. Kamu bisa menggunakan cara manual di notebook atau menggunakan aplikasi-aplikasi expense manager di smartphone kamu.