BI Pacu Bank BUMN Kucurkan Kredit ke Rakyat

VIVAnews - Bank Indonesia akan mendorong perbankan nasional untuk mengucurkan kredit lebih banyak lagi ke masyarakat. Untuk itu, sederet paket kebijakan tengah difinalisasi dan akan dikeluarkan tahun ini.

Namun demikian, Pjs Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution mengatakan belum bisa membocorkan paket kebijakan itu. Hanya saja, pada intinya paket kebijakan tersebut seperti akan memberikan insentif dan disinsentif bagi perbankan nasional agar lebih giat lagi.

"Misalnya, kami akan membuat ketetapan tentang GWM (giro wajib minimum) yang dikaitkan dengan LDR (loan to deposit ratio) dari masing-masing bank. Jadi, nanti apakah kalau bank lebih giat memberikan kredit GWM (berbeda lebih ringan dari bank lain) atau bagaimana, nanti akan ditentukan detailnya," kata Darmin di Kantor Bank Indonesia, Rabu, 6 Januari 2009.

Persisnya tunggu saja dulu, kata dia, tapi pada intinya GWM bisa beda bagi bank yang LDR rendah dibanding bank yang LDR tinggi. "Karena ini juga mempengaruhi permodalan bank, jadi jangan sampai bank itu memaksakan. Tujuannya hanya sebagai rangsangan bank untuk memberikan kredit lebih besar, tapi jangan sampai mengorbankan hal-hal lain," tuturnya.

antique.putra@vivanews.com

Rusia Makin Gencar Menyerang, AS Janji Secepatnya Akan Kirim Senjata ke Ukraina
Chandrika Chika

Profil Selebgram Chandrika Chika yang Ditangkap Polisi Terkait Dugaan Kasus Narkoba

Kabar mengejutkan datang dari dunia hiburan Tanah Air. Chandrika Chika, yang dikenal dengan joget papi chulonya, ditangkap oleh pihak kepolisian terkait kasus narkoba.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024