Resmi Operasi Komersil, Ini Cara Naik LRT Jakarta

Kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT) rute Velodrome-Kelapa Gading memasuki Stasiun Velodrome Jakarta
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

VIVA – Lintas Raya Terpadu (LRT) atau Light Rail Transit Jakarta di rute satu Rawamangun - Kelapa Gading, bisa digunakan masyarakat dengan membayar melalui kartu uang elektronik (KUE).

Operasional MRT dan LRT Jakarta Diperpanjang Saat Malam Tahun Baru 2024, Ini Jadwalnya

Ada jenis kartu perjalanan atau Single Journey Trip (SJT), juga KUE dari lima bank yang bisa digunakan untuk melakukan perjalanan dengan LRT Jakarta.

"Hari pertama operasi komersil LRT Jakarta jatuh pada hari Minggu, 1 Desember 2019," demikian  keterangan resmi PT LRT Jakarta pada Senin, 2 Desember 2019 yang dilansir dari VIVAnews.

Menhub Optimis LRT Jakarta Velodrome Rawamangun-Manggarai Beroperasi 2026

Merujuk pada Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Nomor 34 Tahun 2019, tarif moda transportasi rel ringan itu 'flat' sebesar Rp5.000 per perjalanan. Ada enam stasiun di jalur melayang yang membentang sepanjang 5,8 kilometer.

"Salah satu moda transportasi baru kota Jakarta yang telah melayani lebih dari 1.100.000 warga sejak uji coba yang dimulai tanggal 11 Juni 2019, kini tak lagi gratis," dikutip dari keterangan resmi PT LRT Jakarta.

LRT Jakarta rute Velodrome-Manggarai Digarap Pakai APBD DKI Rp 5,5 Triliun

Tiket SJT, disertai deposit sebesar Rp15.000 yang bisa diambil usai penumpang selesai melakukan perjalanan melalui loket tiket, atau Ticket Vending Machine (TVM) di stasiun tujuan. Sementara, KUE yang bisa digunakan adalah kartu yang diterbitkan Bank DKI, Mandiri, BNI, BRI, juga BCA.

"Saat ini di seluruh gerbang tiket LRT Jakarta telah dapat mengakomodasi tap in dan tap out dengan menggunakan Kartu Uang Elektronik," tulisnya.

Diketahui, LRT Jakarta Fase I yaitu rute Rawamangun-Kelapa Gading memiliki panjang rute 5,8km, dengan enam stasiun pemberhentian. Di antaranya adalah Stasiun Pegangsaan Dua, Stasiun Boulevard Utara, Stasiun Boulevard Selatan, Stasiun Pulomas, Stasiun Equestrian, dan Stasiun Velodrome. 

Jam operasional LRT Jakarta sendiri berlaku mulai pukul 05.30 - 23.00 WIB. LRT Jakarta telah terintegrasi dengan beragam moda transportasi lanjutan mulai dari TransJakarta, MiniTrans, MikroTrans, Jak Lingko, hingga Mikrolet di keenam stasiun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya