Anies Baswedan Resmikan Hunian Murah, Cek Lokasinya

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Sumber :
  • VIVA/Fajar GM

VIVA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan proyek pembangunan 3.400 unit hunian di empat tower (menara) yang berlokasi di Nuansa Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur. Ini merupakan pembangunan kedua program rumah uang muka (down payment/DP) Rp0.

Tim Hukum Anies-Cak Imin Optimis Gugatan Soal Hasil Pilpres 2024 di MK Bisa Dikabulkan

Menurutnya, rumah DP Rp0 ini adalah solusi inovatif penyediaan kebutuhan permukiman untuk warga ibu kota. "Alhamdulillah, proyek pembangunan rumah DP Rp0 saya resmikan," ujarnya di Jakarta, Kamis, 12 Desember 2019.

Anies menyampaikan, sama seperti Klapa Village, rumah DP Rp0 di Nuansa Cilangkap ini memberi jaminan kepemilikan rumah tanpa uang muka (down payment/DP). Warga Jakarta kini tak kesulitan lagi mengumpulkan syarat uang muka supaya bisa memiliki rumah.

Surya Paloh Restui Anies Baswedan Maju di Pilkada DKI 2024, Begini Respons PKB

"Kita sama-sama tahu bahwa salah satu tantangan perkotaan, termasuk di Jakarta adalah masalah pemukiman," papar dia.

Anies juga mengemukakan, adanya rumah DP Rp0, masyarakat bisa menjadikannya sebagai alternatif kepemilikan rumah daripada permukiman swasta.

KPU: Tambahan Alat Bukti dari Kubu Anies dan Ganjar Tidak Sesuai Fakta

Menurut rencana, Nuansa Cilangkap ditargetkan tuntas pada kuartal III 2021. "Dengan program yang diselenggarakan ini, alhamdulillah, komponen masyarakat sekarang bisa mendapatkan akses perumahan," ujar Anies.

Nuansa Cilangkap dikerjakan empat Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta. Keempatnya yaitu PD Pembangunan Sarana Jaya, PT Jakarta Propertindo dan Perumda Pasar Jaya sebagai pengembang, serta PT Bank DKI sebagai bank pelaksana.

Sementara pembangunannya bermitra dengan PT Totalindo Eka Persada Tbk. Proyek dikerjakan di lahan seluas 2,9 hektare dengan masing-masing menara akan memiliki ketinggian 24 lantai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya