Mari Pangestu Ditunjuk Jadi Direktur Bank Dunia, Ini Alasannya

Mari Elka Pangestu
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Presiden Kelompok Bank Dunia, David Malpass mengumumkan penunjukan Mari Elka Pangestu sebagai Direktur Pelaksana Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan untuk Bank Dunia pada Kamis, 9 Januari 2020.

Bank Dunia dan IMF Berlomba Suntik Dana Miliaran Dolar ke Ukraina

“Kami sangat senang menyambut Mari ke Bank dalam peran baru yang kritis ini bagi institusi,” kata Malpass seperti dilansir dari laman worldbank.org pada Jumat, 10 Januari 2020.

Dia bergabung bersama Bank Dunia memiliki keahlian kebijakan dan manajemen yang luar biasa. Setelah menjabat sebagai Menteri Perdagangan Indonesia dari 2004-2011, kemudian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dari 2011 hingga Oktober 2014.

Situasi Mencekam, Bank Dunia dan IMF Pindahkan Staf dari Ukraina

Menurut Malpass, Mari memiliki pengalaman yang sangat luas dalam hal kepemimpinan, baik sebagai menteri senior, kredensial yang diakui secara global sebagai seorang ekonom dan peneliti serta keterlibatannya dalam forum internasional akan sangat membantu pekerjaan di Grup Bank Dunia.

“Pengalamannya akan sangat bermanfaat bagi pekerjaan mendesak di Grup Bank Dunia dalam mendukung luas pertumbuhan berbasis dan pengentasan kemiskinan,” ujarnya.

Bank Dunia Ramal Hanya 4 Negara Berkembang yang Ekonominya Pulih 2022

Sementara, dia mengatakan, penunjukan sebagai Direktur Pelaksana Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan untuk Bank Dunia merupakan suatu kehormatan besar dalam misi pembangunan vitalnya.

“Saya menantikan kesempatan untuk bekerja dengan tim yang kuat ini pada tantangan mendesak yang dihadapi anggota Bank Dunia,” kata Mari.

Dalam peran barunya, Mari akan memberikan kepemimpinan dan mengawasi program kerja Kelompok Praktik Global Bank Dunia. Selain itu, ia juga akan mengawasi kelompok riset dan data Bank Dunia (DEC) dan fungsi Hubungan Eksternal serta Korporat. 

Catatannya tentang layanan dewan dan gugus tugas meliputi Dewan Kepemimpinan Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan PBB (SDSN), ketua bersama kelompok ahli untuk Panel Tingkat Tinggi untuk Ekonomi Kelautan Berkelanjutan.

Kemudian panel dari inisiatif kesehatan WHO, dan Equal Access Initiative, komisioner untuk Inisiatif Pembangunan Rendah Karbon Indonesia dan anggota dewan eksekutif dari Kamar Dagang Internasional (ICC). Sementara, pengangkatannya berlaku efektif pada 1 Maret 2020.

Baca juga:

Wahyu Setiawan Jadi Tersangka, Hasto Kristiyanto Segera Diperiksa KPK

Normalisasi-Naturalisasi, Anies: Kita Bantu, Gak Ada Dikonflikin

Anies Dinilai Tak Idealis, Ahok Terlalu Reaktif dan Jokowi Bagaimana?

Mari dianggap sebagai pakar internasional tentang berbagai masalah global. Saat ini, ia adalah Ketua Dewan Pengawas Lembaga Penelitian Kebijakan Makanan Internasional (IFPRI) di Washington D.C.

Dia juga aktif sebagai penasihat Komisi Global Geopolitik Transformasi Energi Badan Energi Terbarukan Internasional (IRENA) di Abu Dhabi, Senior Fellow di Sekolah Tinggi Urusan Internasional dan Publik Columbia, serta Profesor Ekonomi Internasional di Universitas Indonesia. 

Selain itu, asisten profesor di Sekolah Kebijakan Publik Lee Kuan Yew dan Sekolah Kebijakan Publik Crawford, Universitas Nasional Australia dan Anggota Dewan Biro Penelitian Ekonomi Indonesia (IBER) serta Pusat Studi Strategis dan Internasional (CSIS), Jakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya