Logo WARTAEKONOMI

Kisah Sukses Soedono Salim, Pendiri Bogasari yang Dijuluki Raja Dagang

Kisah Sukses Soedono Salim, Pendiri Bogasari Hingga Indomaret yang Dijuluki "Raja Dagang Indonesia". (FOTO: Twitter/AlvinASaputra)
Kisah Sukses Soedono Salim, Pendiri Bogasari Hingga Indomaret yang Dijuluki "Raja Dagang Indonesia". (FOTO: Twitter/AlvinASaputra)
Sumber :
  • wartaekonomi

Pengusaha sukses sekaligus konglomerat asal Indonesia, Soedono Salim merupakan pendiri Grup Salim yang meliputi Indofood, Indomaret, Indocement, Indosiar, BCA, Indomarco dan masih banyak lagi.

Soedono Salim atau yang bernama asli Liem Sioe Liong merupakan pria kelahiran China, 19 Juli 1916. Ia sempat menduduki peringkat pertama sebagai orang terkaya di Indonesia dan Asia.

Kisah suksesnya bermula di sebuah pelabuhan kecil, Fukien di bilangan Selatan China. Kakaknya yang tertua Liem Sioe Hie, sejak tahun 1922 telah lebih dulu berimigrasi ke Indonesia yang waktu itu masih jajahan Belanda kerja di sebuah perusahaan pamannya di kota Kudus.

Di tengah hiruk pikuknya usaha ekspansi Jepang ke Pasifik, dibarengi dengan dongeng harta karun kerajaan-kerajaan Eropa di Asia Tenggara, maka pada tahun 1939, Liem Sioe Liong mengikuti jejak kakaknya. Dari Fukien, ia Berangkat ke Amoy, dimana bersandar sebuah kapal dagang Belanda yang membawanya menyeberangi Laut China, dan dibutuhkan perjalanan satu bulan untuk sampai di Indonesia.

Sejak jamam revolusi Liem Sioe Liong sudah terlatih menjadi supplier cengkeh, dengan jalan menyelundupkan bahan baku tersebut dari Maluku, Sumatera, Sulawesi Utara melalui Singapura untuk kemudian melalui jalur-jalur khusus penyelundupan menuju Kudus.

Sehingga tidak heran dagang cengkeh merupakan salah satu pilar utama bisnis Liem Sioe Liong pertama sekali, disamping sektor tekstil. Dulu juga dia, banyak mengimpor produksi pabrik tekstil murahan dari Shanghai.