Kabar Baik, Kadin Jamin Stok Pangan Aman Selama Wabah Corona

Kebutuhan Pokok
Sumber :
  • VIVA.co.id/M. Ali. Wafa

VIVA – Instruksi Presiden Joko WIdodo agar pangan tetap tersedia dan stabil saat masa krisis pandemi virus COVID-19 menjadi tanda bahwa ada fokus sinergi yang baik selama ini antara sektor usaha dan pembangunan pedesaan.

Satgas Pangan Polri: Pasar Murah Harus Digencarkan Jelang Lebaran di Kalteng

"Bisa saja sebab selama ini pemerintahan Presiden Jokowi betul-betul fokus dengan pembangunan pertanian di pedesaan sehingga begitu dicek, kebutuhan pangan di lapangan aman," ujar Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P Roslani dalam keterangnya di Jakarta, Selasa, 24 Maret 2020. 

Rosan menuturkan, kalangan pelaku usaha juga diberikan peran dan kepercayaan dari pemerintah agar tetap mampu menyediakan kebutuhan pangan di pasaran untuk masyarakat yang sumbernya berasal dari petani desa.

Blusukan ke Riau, Satgas Pangan Polri Pastikan Harga Bahan Pokok Stabil

"Jadi tidak perlu takut, panik, cemas, dengan stok pangan kita di pasaran. Semua aman, bahkan sampai Lebaran," ujar dia.

Dengan demikian, ia menjamin bahwa pemerintah akan menjamin ketersediaan bahan pokok yang ada di pasaran tetap aman. 

Jelang Lebaran, Satgas Pangan Polri Waspadai Kelonjakan Harga Bahan Pokok di Babel

"Pemerintah telah menjamin, begitu juga pelaku usaha memastikan semua masih bisa tercukupi," tuturnya.

Diketahui, Presiden Jokowi telah menyampaikan tujuh arahan penanganan penyebaran wabah virus Covid-19, beberapa waktu lalu melalui sambungan telekonferensi dari Istana Merdeka.

Salah satunya yang dikemukakan Presiden Jokowi terkait harus tetap tercukupinya ketersediaan pangan sesuai kebutuhan masyarakat sehingga tidak menimbulkan kepanikan massal.

Jokowi juga telah melakukan inspeksi mendadak ke gudang Badan Urusan Logistik (Bulog) pada pekan lalu untuk benar-benar memastikan langsung stok pangan dalam negeri dan dari pantauannya dianggap amat aman.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya