Pasar Respons Positif Stimulus Ekonomi Atasi Corona, Rupiah Menguat

Rupiah
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat kian mengalami penguatan pada perdagangan akhir pekan ini, Jumat, 27 Maret 2020. Rupiah bahkan mampu bertengger di posisi Rp.16.090 per dolar AS.

Di pasar spot, rupiah pada perdagangan siang ini ditransaksikan di level Rp16.090 per dolar AS. Menguat 1,32 persen dari penutupan perdagangan Kamis, 26 Januari 2020 di level Rp16.305 per dolar AS.

Sementara itu, berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia, nilai tengah rupiah pada perdagangan hari ini di posisi Rp16.230 per dolar AS.

Direktur PT. TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim mengatakan, pergerakan rupiah tersebut dipengaruhi sentimen positif investor terhadap berbagai gelontoran insentif yang dijanjikan pemerintah untuk menopang ekonomi di tengah wabah virus corona.

"Banjirnya stimulus yang digelontorkan pemerintah menjadi sentimen positif bagi mata uang garuda sehingga dapat mengangkat kembali kepercayaan diri investor," kata dia dikutip dari analisisnya, Jumat, hari ini.

Pemerintah, kata Ibrahim telah menggelontorkan beberapa stimulus yang sudah diumumkan sebelumnya dan dikuatkan dengan Keputusan Presiden seperti bantuan langsung tunai dan insentif jeda satu tahun untuk cicilan kredit.

"Namun, intinya pemerintah harus menyiapkan dana cadangan untuk leasing, dan perbankan yang dananya sudah dikeluarkan untuk pembiayaan kredit baik perumahan, apartemen, mobil maupun kendaraan roda dua," tegasnya.

Menkes: Implementasi Nyamuk Ber-Wolbachia untuk Tanggulangi Dengue Mulai Bergulir
Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus di Natal 2023

Keuskupan Agung Jakarta Sebut Paus Fransiskus Akan Kunjungi Indonesia September 2024

Pemerintah akan mengumumkan secara resmi rencana kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024