Logo WARTAEKONOMI

Gojek Hentikan Layanan GoMessage karena Corona

Perhatian!! Layanan Gojek Ini Terpaksa Dihentikan Karena Corona. (FOTO: Tanayastri Dini Isna)
Perhatian!! Layanan Gojek Ini Terpaksa Dihentikan Karena Corona. (FOTO: Tanayastri Dini Isna)
Sumber :
  • wartaekonomi

Corona telah memengaruhi layanan Gojek dan Grab, bahkan berdampak terhadap pendapatan mitra. Bukan cuma layanan transportasi saja, melainkan layanan jasa lain yang ditawarkan oleh platform itu.

Gojek contohnya, salah satu layanan jasanya mesti dihentikan sementara karena kebijakan praktik jaga jarak (physical distancing), yakni GoMassage.

"Golife akan menghentikan layanan GoMassage secara sementara mulai 26 Maret 2020," kata perusahaan dalam keterangan resminya di blog, dikutip Selasa (31/3/2020).

Mengapa? Sebab, layanan  GoMessage melibatkan kontak fisik antara mitra dan konsumen sehingga itu mesti ditiadakan secara temporal.

Dalam keterangan yang sama, Gojek menambahkan, "kebijakan penghentian sementara ini sejalan dengan penetapan status COVID-19 sebagai pandemi global oleh WHO dan status keadaan tertentu darurat bencana wabah penyakit oleh BNPB."

Sementara itu, layanan GoClean akan tetap berjalan dengan Standar Operasional Prosedur, meliputi: (1) memberlakukan cek kesehatan harian bagi mitra; (2) membekali mitra dengan alat pelindung diri (APD); (3) mewajibkan prosedur cuci tangan bagi mitra; (4) menyertakan penyemprot cairan disinfektan; (5) menjaga jarak dan interaksi dengan konsumen minimal 1 meter.

Mitra juga diwajibkan menanyakan pertanyaan seputar gejala COVID-19 kepada konsumen, riwayat perjalanan ke luar negeri konsumen dalam 14 hari terakhir, dan memastikan apakah konsumen berinteraksi dengan ODP ataupun PDP sebelumnya?