Pandemi Corona, KFC 'Rumahkan' Ratusan Pekerjanya di Indonesia

KFC
Sumber :
  • Istimewa

VIVA –  PT Fast Food Indonesia Tbk atau "FAST", yang menjadi pemegang hak waralaba tunggal restoran cepat saji Kentucky Fried Chicken atau KFC, membenarkan pemberitaan yang menyebut bahwa 450 pekerja KFC dirumahkan tanpa kejelasan.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Melalui keterbukaan informasi di Bursa Efek Indonesia (BEI), Direktur FAST, Justinus Dalimin Juwono mengaku, pemberitaan tersebut memang benar adanya.

Namun, Justinus menegaskan bahwa hingga saat ini, pihaknya dan Serikat Pekerja PT Fast Food lndonesia Tbk (SPFFI), masih melakukan dialog guna menyelesaikan masalah tersebut.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Perseoran masih melakukan dialog dengan SPFFI, selaku serikat yang mewakili mayoritas dari seluruh pekerja di perseroan," kata Justinus dalam keterangan tertulisnya, Kamis 16 April 2020.

Justinus memastikan bahwa upaya dialog dengan pihak SPFFI itu telah sesuai dengan Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan No. M/3/HK.04/lll/2020 tahun 2020, Tentang Perlindungan Pekerja/Buruh Dan Kelangsungan Usaha Dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Dia memastikan, dialog tersebut dilakukan untuk mencapai kesepakatan dengan pihak SPFFI, sehubungan penyesuaian besaran dan cara pembayaran upah pekerja dalam masa darurat bencana non-alam yakni wabah COVID-19 ini.

Dalam tahapan awal masa darurat bencana non-alam COVID-19 ini, lanjut Justinus, pihak perusahaan dan SPFFI akan memastikan untuk berkomitmen dan menghindari PHK.

"Karenanya karyawan yang dirumahkan tersebut akan tetap mendapatkan upah dengan penyesuaian besaran dan cara pembayaran upah, sesuai dengan dialog dan kesepakatan antara manajemen perseroan dengan SPFFI," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya