Defisit Kebutuhan Pangan, Jokowi Minta Ada Manajemen Kelola Beras

Sidak Pasar Menjelang Bulan Ramadan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Ampelsa

VIVA –Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan pengelolaan manajemen beras harus dilakukan secara baik. Karena menurut dia, manajemen pengelolaan beras di dalam negeri menjadi kunci penting bagi antisipasi dan mitigasi dari krisis pangan. Seperti diketahui sebelumnya, Jokowi sempat mengatakan, beberapa daerah di Indonesia mengalami defisit kebutuhan pokok.

Corn Imports Down to 450 Thousand Tons

"Oleh sebab itu, kalkulasi lagi secara detail, hitung betul secara detail mengenai ketersediaan stok, tentu dengan memperhitungkan stok di masyarakat, stok di penggilingan, stok di gudang dan stok di Bulog," kata Jokowi saat rapat terbatas pada Selasa, 28 April 2020.

Jokowi berharap puncak panen raya di bulan April ini produksi beras bisa mencapai 5,62 ton, tentu hal ini sangat bagus. Namun, ia tetap minta kepada Bulog untuk tetap membeli gabah petani dengan insentif harga yang layak dengan fleksibilitas yang memadai.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

"Tolong juga dikalkulasi kemungkinan terjadi kemarau panjang di 2020 ini, walau prediksi BMKG tidak ada cuaca yang ekstrem. Namun, tetap harus diwaspadai terutama yang berkaitan dengan ketersediaan beras nasional kita," ujarnya.

Selain itu, Kepala Negara ini mengatakan produksi pangan harus terus dijaga agar tetap berjalan normal. Kemudian, Jokowi juga meminta jajarannya untuk memastikan juga agar petani tetap berproduksi dengan menerapkan protokol kesehatan yang baik.

Jokowi Hopes Panua Pohuwato Airport in Gorontalo Can Boost Local Economy

"Program stimulus ekonomi betul-betul bisa juga menjangkau yang berkaitan dengan produksi beras kita. Artinya, menjangkau petani kita," jelas dia.

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan alias Zulhas di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Selasa, 23 April 2024

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan alias Zulhas buka suara soal pernyataan Ketua Bidang Kehormatan DPP PDI Perjuangan, Komarudin Watubun soal status Presiden Jokowi dan Gibra

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024