May Day, Elemen Buruh Se Indonesia Kirim Ribuan APD ke Rumah Sakit

Elemen buruh bagi-bagi APD saat May Day.
Sumber :
  • Dokumentasi KSPSI.

VIVA – Pandemi Virus Corona atau COVID-19 membuat Hari Buruh atau May Day tahun ini diperingati dengan berbeda. Sebagai bentuk keprihatinan, Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) serentak mengganti aksi demo dengan aksi sosial.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

MPBI sendiri merupakan gabungan tiga konfederasi buruh terbesar dengan jutaan anggota yakni Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) 

Bentuk aksi sosial yang dilakukan adalah dengan memberikan ribuan Alat Pelindung Diri (APD) standar untuk tenaga medis ke beberapa rumah sakit di Jabodetabek. Ada tiga sasaran rumah sakit di Jabodetabek. Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) di Jakarta Pusat, Rumah Sakit Annisa di Cikarang dan RSUD Balaraja di Tangerang.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea saat menyerahkan langsung bantuan ke RSUD Balaraja, Tangerang mengatakan, di tengah keprihatinan bangsa menghadapi wabah Corona, buruh sengaja tidak menggelar aksi unjuk rasa dan menggantinya dengan aksi sosial.

Menurutnya, aksi perayaan yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya tidak mengurangi sakralnya May Day. Justru disatu sisi membuktikan kalau buruh tidak hanya garang di aksi demonstrasi tapi juga peduli terhadap aksi sosial.

Wakil Ketua MPR Fadel Muhammad Absen Pemanggilan KPK Kemarin, Ini Alasannya

"Kami putuskan tidak menggelar aksi demo besar-besaran yang biasanya dilakukan di saat May Day. Untuk May Day tahun 2020, kami menggantinya dengan kegiatan sosial," katanya usai penyerahan APD di RSUD Balaraja, Tangerang, Jumat, 1 Mei 2020.

Andi mengungkapkan, MPBI juga telah mengeluarkan surat instruksi kepada seluruh anggotanya di seluruh Indonesia. Ada total 40 Federasi serikat pekerja  melaksanakan kegiatan sosial dalam merayakan May Day.

Jajaran MPBI Pusat pun berbagi tugas dalam pelaksanaan bakti sosial hari ini. Ia di RSUD Balaraja, Tangerang. Sementara, Presiden KSPI Said Iqbal di RS Annisa, Cikarang dan Presiden KSBSI Elly Rosita Silaban menyerahkan bantuan APD di RSCM, Jakarta Pusat.

Baca juga: Transportasi Umum Bakal Diizinkan Angkut Penumpang Keluar Daerah PSBB

"Total ada ribuan APD diserahkan ke beberapa rumah sakit. Tak hanya itu, kami juga membagikan masker, dan hand sanitizer bagi masyarakat yang membutuhkan," ujarnya.

Andi Gani menilai, seluruh elemen buruh berempati dengan kondisi Indonesia saat ini. Hal tersebut merupakan bukti bahwa buruh juga peduli terhadap bangsa dan negara.

"Situasi bangsa yang sedang sangat sulit dan rakyat juga sangat sulit. Karena itu gerakan buruh berempati dengan situasi bangsa ini," ucapnya.

Selain di Jakarta, KSPSI Provinsi Jawa Barat juga memberikan bantuan APD baju medis sebanyak 160 pcs dan 160 pcs APD pelindung muka yang dibagikan ketiga tempat rujukan pasien COVID-19, yaitu RS Al Islam Bandung, RSUD Ujung Berung, dan BPSDM Jawa Barat. Penyerahan di Bandung langsung dikomandoi Ketua DPD KSPSI Jawa Barat Roy Jinto.

Pantau berita terkini di VIVA Network terkait Virus Corona

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya