Wabah Corona Tak Bendung Kerja Konstruksi Proyek Tol, Jalan Terus

Ruas jalan tol Kunciran-Cengkareng
Sumber :
  • Dok. Jasa Marga

VIVA – Direktur Pengembangan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Adrian Priohutomo memastikan bahwa meski sedang ada pandemi COVID-19 saat ini, seluruh pekerjaan konstruksi proyek jalan tol Jasa Marga akan tetap berjalan.

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Ternyata Masih Anak-anak, Bos Akan Diperiksa

Hal ini tentunya dilakukan, dengan menerapkan protokol pencegahan penyebaran COVID-19 di lingkungan dan proyek sesuai dengan Instruksi Menteri PUPR nomor 02/IN/M/2020 tentang Protokol Pencegahan Penyebaran COVID-19 dalam Penyelenggaraan Jasa Konstruksi.

"Prinsipnya, tidak ada penghentian proyek. Meski kecepatan penyelesaian pekerjaan terpengaruh akibat COVID-19 namun kami terus melaksanakan pekerjaan di lapangan dengan melaksanakan upaya pencegahan penyebaran COVID-19," kata Adrian dalam keterangan tertulisnya, Senin 4 Mei 2020.

Ganjil Genap Tidak Diterapkan bagi Kendaraan ke Merak Saat Mudik, Polri Ganti dengan Sistem Ini

Dalam mencegah penyebaran virus COVID-19 di lingkungan anak perusahaan dan proyek jalan tol, Jasa Marga telah membentuk Satuan Tugas Pencegahan COVID-19 menyediakan fasilitas pencegahan COVID-19, dan melaksanakan edukasi untuk menjaga diri dari COVID-19.

Dalam pekerjaan harian, Jasa Marga juga memastikan adanya pengukuran suhu tubuh secara rutin bagi semua orang yang berada di lingkungan proyek, menerapkan prinsip physical distancing serta penyemprotan disinfektan pada sarana dan prasarana kantor dan lapangan.

3,5 Juta Kendaraan Diprediksi Melintasi Tol Tangerang Merak Saat Mudik Idul Fitri 2024

Tidak hanya itu, lanjut Adrian, pihaknya juga memastikan setiap proyek menerapkan protokol tindakan isolasi, hingga kerja sama penanganan suspect COVID-19 dengan Rumah Sakit dan Puskesmas setempat.

Adrian menambahkan, di tengah terjadinya penyesuaian jadwal penyelesaian konstruksi, Jasa Marga juga telah menargetkan sejumlah proyek jalan tol baru tetap selesai konstruksi di tahun ini.Di antaranya adalah bagian dari Jalan Tol JORR II, Jalan Tol Cinere-Serpong, Jalan Tol Kunciran-Cengkareng, dan Jalan Tol Manado-Bitung.

"Kami juga menargetkan penyelesaian konstruksi beberapa jalan tol yang sudah beroperasi sebagian, seperti Jalan Tol BORR Seksi IIIA Sp. Yasmin-Semplak, serta Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi I Km 13-Samboja dan Seksi V Km 13-Sepinggan," ujarnya.

Baca juga: Menlu AS Tegaskan Punya Bukti Kuat Virus Corona Berawal di Lab China

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya