Dalam 20 Tahun, RI Bisa Jadi Negara Industri

VIVAnews - Indonesia berpeluang menjadi negara industri kurang dari 20 tahun ke depan. Perekonomian Indonesia selama ini tersendat karena hanya mengandalkan ekspor hasil sumber daya alam.

Hal itu diungkapkan pada Forum Ekonom Indonesia (FEI) di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu 17 Januari 2010. Forum tersebut merupakan inisiatif dari 16 ekonom dalam negeri.

Para ekonom tersebut antara lain Rizal Ramli, Denni Danuri, Ichsanuddin Noorsy, dan Ikhsan Modjo. Selain itu, Iman Sugema, Ismet Hasan Putro, Ahmad Erani Yustika, Hendri Saparini, serta Revrisond Baswir.

"Indonesia harus segera menyiapkan diri menjadi negara industri," kata Rizal Ramli.

Rizal menambahkan, Tanah Air berpotensi menjadi negara besar di bidang industri pada waktu kurang dari 20 tahun. Hal itu akan tercapai jika sektor strategis yang menyangkut ekonomi dan lapangan kerja, produk buatan Indonesia, serta industrialisasi di berbagai sektor diterapkan secara berkualitas dan kompetitif.

Meski demikian, saat ini arah industrialisasi nasional tidak jelas. "Rasanya, cita-cita negara industri menjadi terlalu muluk," tuturnya.

Namun, Iman Sugema optimistis hal itu bisa terwujud. Asalkan, bisa mencapai target tersebut dengan menerapkan kebijakan ekonomi garis konstitusi dan membuat stategi serta kebijakan industri.

Ekonom lain, Fahmi Radhi menambahkan, Indonesia kini lebih mengutamakan ekspor hasil SDA dibanding produk jadi.

Salah satu kelemahan hasil SDA adalah harga jualnya yang lebih rendah dibanding produk jadi. Sayangnya, produk jadi Tanah Air kurang kompetitif untuk dipasarkan di mancanegara. "Sektor industri, terutama usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) tidak mampu menghadapi serbuan produk Cina," kata dia.

Chandrika Chika Terjerat Kasus Narkoba, Terkena Kutukan Podcast Deddy Corbuzier?
Dr. BRA. Mooryati Soedibyo

Terpopuler: Beda Sikap Ria Ricis-Teuku Ryan Perlakukan Orang Tua, Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia

Berikut deretan 4 rangkuman artikel terpopuler kanal Showbiz VIVA.co.id dalam Round Up sepanjang edisi Rabu 24 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024