YCAB Buka 80 Ribu Kuota Penerima Subsidi Listrik

Petugas PLN memeriksa meteran listrik.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Light Up Indonesia, sebuah program subsidi listrik untuk membantu masyarakat pra sejahtera yang terdampak COVID-19. Program yang digagas oleh Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) foundation ini berhasil menghimpun dana Rp3,6 miliar dan telah memberikan manfaat kepada 20.497 masyarakat selama periode April-Mei 2020. 

Krisis Energi, Presiden Ekuador Umumkan Keadaan Darurat

Untuk bulan ini, YCAB akan membuka 80 ribu kuota penerima subsidi pembayaran listrik untuk mereka yang membutuhkan. 

"Bulan ini kami akan membuka 80 ribu kuota karena memang intinya bulan depan penggunaan Juni dibayarkan di Juli. Kampanye awal kita 3 bulan dari April, Mei, Juni ini sekalian penutupan terima sebanyaknya," kata Founder & CEO YCAB, Veronica Colondam dalam virtual conference, Rabu 3 Juni 2020. 

Akhiri Masa Siaga, PLN Sukses Layani Kelistrikan Nasional Selama Idul Fitri 2024

Veronica menjelaskan, pendaftaran program bantuan subsidi dibuka sejak 1 Juni hingga Jumat 5 Juni 2020. Masyarakat hanya tinggal mendaftarkan diri dan memastikan melengkapi persyaratan dan dokumen penunjang di laman Lightup.id. 

Katagori penerima subsidi ini, kata Veronica berlaku untuk pelanggan 900 VA subsidi dan 1.300 VA non Subsidi. Nantinya para penerima subsidi dengan penggunaan listrik di bawah Rp100 ribu, pihaknya akan membayarkan 100 persen tagihan listriknya. Sedangkan untuk tagihan di atas Rp100 ribu akan dibayarkan maksimal sejumlah Rp100 ribu.

Intip Keandalan Pembangkit Listrik EBT PLN Indonesia Power saat Lebaran 2024

"Kalau tagihan di bawah Rp100 ribu dilunaskan 100 persen. Di atas 100 ribu akan dibayarkan maksimal Rp100 ribu," kata dia.

Nantinya jika terpilih menerima bantuan, masyarakat akan mendapatkan notifikasi pemberitahuan melalui OVO (pascabayar) atau terdaftar pada laman website PLN (prabayar) pada periode 15-19 Mei 2020, maka Anda akan mendapatkan donasi di bulan berjalan. 

Anda tidak menerima notifikasi pemberitahuan melalui OVO (pascabayar) dan tidak tertera bantuan donasi saat mengecek website PLN (prabayar), maka Anda belum mendapatkan donasi di bulan berjalan.

"Setelah tanggal 15 jika terpilih akan ada notifikasi OVO atau bisa cek ke web PLN yang pascabayar, masukkan no hp sesuai yang didaftarkan di lightup.id nanti akan keluar info kalau terpilih," jelas dia.

Veronica menjelaskan, sedikitnya ada sekitar 100 ribu orang yang ditargetkan untuk bisa dijangkau dengan program ini. Dari 100 ribu target sebanyak 20.497 keluarga yang telah menerima bantuan ini. Sedangkan untuk total donasi yang telah terkumpul hingga saat ini sebesar Rp3.627.872.538. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya