Nilai Tukar Rupiah Menguat di Tengah Wabah COVID-19

Nilai Tukar Rupiah Dollar
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat menguat pada perdagangan hari ini, Rabu, 24 Juni 2020. Meski demikian, rupiah masih bergerak di kisaran Rp14.150 per dolar AS. 

Bank Indonesia Naikkan BI Rate Jadi 6,25 Persen Demi Stabilkan Rupiah

Di pasar spot, saat ini rupiah diperdagangkan di level Rp14.137 per dolar AS, menguat 0,17 persen dari penutupan perdagangan kemarin, Selasa, 23 Juni 2020 di level Rp14.161 per dolar AS.

Kondisi itu tidak terlepas dari intensitas hubungan perang perdagang AS dan China, setelah Penasihat Perdagangan Gedung Putih Peter Navarro menyatakan hubungan kedua negara resmi selesai kemarin.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

"Pasar merespon pernyataan Peter Navarro, Penasihat Perdagangan Gedung Putih. Navarro mengungkapkan bahwa perjanjian damai dagang AS-China sudah selesai," kata Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim, Rabu, 24 Juni 2020.

Baca Juga: KPK Ungkap 184 Anggota DPRD Terjerat Korupsi

Hasil Uji Ketahanan OJK: Perbankan Masih Bisa Mitigasi Pelemahan Rupiah

Meski adanya tekanan perang perdagangan di tengah pandemi COVID-19, pelaku pasar melihat adanya harapan pemulihan ekonomi kembali berjalan pasca pandemi virus corona meskipun meningkatnya infeksi di beberapa bagian dunia.

Dari sisi domestik, dia melanjutkan, pemerintah juga optimis melihat pertumbuhan ekonomi tidak akan terjadi kontraksi, karena pemerintah  kembali memperpanjang stimulus hingga akhir 2020.

"Sehingga konsumsi masyarakat masih akan terjaga apalagi pusat perdagangan seperti pasar, mal dan perkantoran sudah kembali dibuka sehingga ketakutan resesi di Indonesia tidak akan," tegas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya