DPR Setujui Pagu Indikatif Kemensos 2021 Sebesar Rp62,024 Triliun

Rapat Dengar Pendapat Komisi VIII DPR RI dengan Kementerian Sosial RI
Sumber :
  • Rapat Dengar Pendapat Komisi VIII DPR RI dengan Kementerian Sosial RI

VIVA – Komisi VIII DPR RI menyetujui Pagu Indikatif Kementerian Sosial Tahun Anggaran 2021 sebesar Rp62,024 triliun. Anggota dewan juga mengapresiasi penyerapan anggaran Kemensos sebesar 97,78 persen, atau nomor satu dari lima Kementerian dan Lembaga dengan anggaran terbesar.

Mendagri Minta Pj Kepala Daerah Penuhi Kebutuhan Anggaran Pilkada 2024

Dalam Rapat Kerja dengan DPR, Menteri Sosial Juliari P. Batubara turut mengucapkan terima kasih kepada anggota dewan atas apresiasi dan kerja sama serta dukungan yang telah diberikan.  

Juliari mengusulkan Pagu Indikatif Kementerian Sosial  TA  2021 sebesar Rp62,024 triliun. "Kami juga  mengusulkan penambahan anggaran sebesar Rp4.078 triliun. Di mana rencana penggunaannya di antaranya untuk program perlindungan sosial sebesar Rp3,360 triliun," kata Juliari di Jakarta, Rabu, 24 Juni 2020. 

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

Rapat kerja membahas pengelolaan anggaran Kemensos yang mencakup tiga agenda yakni Evaluasi Pelaksanaan APBN 2019, Kinerja TA 2020 dan Penanganan COVID-19, serta  penyampaian Rencana Kerja Anggaran K/L 2021,  

Hampir semua anggota Komisi VIII DPR RI mengapresiasi pengelolaan anggaran dan langkah Kemensos dalam penanganan pandemi, Mereka juga mendukung program Kemensos yang berorientasi memperkuat kemandirian ekonomi masyarakat. 

Rapat Perdana di Komisi II, AHY Curhat Anggaran Diblokir Sri Mulyani

Anggota Fraksi Partai Gerindra M. Husni agar program pemberdayaan sosial seperti Kelompok Usaha Bersama (KUBE) terus ditingkatkan. "Kan anggarannya Rp20 juta,  kalau perlu ditingkatkan,"  ujarnya. 

Senada dengan itu, anggota Fraksi PKS Nurhasan menyatakan, KUBE harus terus diperkuat karena untuk menciptakan mental muzzakki. "Bukan untuk menciptakan mental mustahik. Saya sepakat agar KUBE ini diarahkan agar lebih eksis dan lebih produktif,"  kata dia.

Baca juga: CFD Bundaran HI Ditutup, Pemprov DKI Siapkan 32 Lokasi Pengganti

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya