Dampak Sadis Corona Raksasa Penerbangan Dunia PHK 15.000 Karyawan

Airbus
Sumber :
  • Airbus

VIVA – Ternyata dampak pandemi Virus Corona atau COVID-19 sangat fatal dan sadis. Bayangkan saja, perusahaan raksasa penerbangan dunia Airbus saja terpaksa memberhentikan belasan ribu karyawannya karena mengalami krisis.

Dalam siaran resminya, Airbus mengumumkan bahwa akan mem-PHK 15.000 karyawannya di seluruh dunia dan dilakukan bertahap paling lambat hingga 2021.

Taksi Terbang Airbus Siap Beroperasi Akhir Tahun Ini

Berikut pernyataan resmi Airbus:

Airbus telah mengumumkan rencana untuk menyesuaikan tenaga kerja globalnya dan mengubah ukuran aktivitas pesawat komersialnya sebagai respons terhadap krisis COVID-19. Adaptasi ini diharapkan menghasilkan pengurangan sekitar 15.000 posisi selambat-lambatnya musim panas 2021. Proses informasi dan konsultasi dengan mitra sosial telah dimulai dengan maksud untuk mencapai kesepakatan untuk implementasi mulai pada musim gugur 2020.

Kembangkan Industri Penerbangan RI, Menhub Perkuat Kolaborasi dengan Airbus

Aktivitas bisnis pesawat komersial telah turun hampir 40% dalam beberapa bulan terakhir karena industri menghadapi krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya. Tingkat produksi pesawat komersial telah disesuaikan. Airbus berterima kasih atas dukungan pemerintah yang memungkinkan Perusahaan membatasi tindakan adaptasi yang diperlukan ini. Namun dengan lalu lintas udara yang diperkirakan tidak akan pulih ke tingkat pra-COVID sebelum 2023 dan berpotensi hingga 2025, Airbus sekarang perlu mengambil langkah-langkah tambahan untuk mencerminkan prospek industri pasca COVID-19.

Mengikuti analisis mendalam dari permintaan pelanggan yang telah terjadi selama beberapa bulan terakhir, Airbus mengantisipasi kebutuhan untuk menyesuaikan tenaga kerja globalnya karena COVID-19 oleh sekitar:

Mengerikan, Viral Video Detik-detik Pria Tewas Kesedot Mesin Pesawat

5.000 posisi di Perancis, 5.100 posisi di Jerman, 900 posisi di Spanyol, 1.700 posisi di Inggris, 1.300 posisi di situs Airbus lain di seluruh dunia

Angka-angka ini termasuk anak perusahaan Airbus Stelia di Prancis dan Premium AEROTEC di Jerman. Namun, mereka tidak termasuk sekitar 900 posisi yang berasal dari kebutuhan pra-COVID-19 yang diidentifikasi untuk merestrukturisasi Premium AEROTEC di Jerman, yang sekarang akan diimplementasikan dalam kerangka rencana adaptasi global ini.

Rincian rencana adaptasi COVID-19 ini perlu diselesaikan dengan mitra sosial.

Sementara tindakan wajib tidak dapat dikesampingkan pada tahap ini, Airbus akan bekerja dengan mitra sosialnya untuk membatasi dampak dari rencana ini dengan mengandalkan semua langkah sosial yang tersedia, termasuk keberangkatan sukarela, pensiun dini, dan skema pengangguran parsial jangka panjang jika sesuai.

"Airbus menghadapi krisis paling parah yang pernah dialami industri ini," kata CEO Airbus Guillaume Faury. “Langkah-langkah yang telah kami ambil sejauh ini telah memungkinkan kami untuk menyerap guncangan awal pandemi global ini. Sekarang, kita harus memastikan bahwa kita dapat mempertahankan perusahaan kita dan keluar dari krisis sebagai pemimpin kedirgantaraan global yang sehat, menyesuaikan diri dengan tantangan luar biasa dari para pelanggan kita. Untuk menghadapi kenyataan itu, kita sekarang harus mengambil langkah-langkah yang lebih jauh. Tim manajemen kami dan Dewan Direksi kami berkomitmen penuh untuk membatasi dampak sosial dari adaptasi ini. Kami berterima kasih kepada mitra pemerintah kami karena mereka membantu kami mempertahankan keahlian dan pengetahuan kami sebanyak mungkin dan telah memainkan peran penting dalam membatasi dampak sosial dari krisis ini dalam industri kami. Tim Airbus serta keterampilan dan kompetensi mereka akan memungkinkan kami untuk mengejar ambisi kami untuk merintis masa depan yang berkelanjutan bagi kedirgantaraan”.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya