Cukur Rambut, Usaha yang Menjanjikan Saat Ini

Usaha potong rambut
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Banyak cara yang dilakukan untuk mengembangkan ekonomi di masyarakat. Salah satunya yang diterapkan Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM). Yayasan ini mengembangkan ekonomi raykat melalui pelatihan cukur rambut.

OJK Beberkan Kunci Hadapi Memanasnya Dinamika Ekonomi Global

Meski YIIM masih berperan dalam skala terbatas, namun kontribusi yang dijalankan oleh YIIM sejak berdiri dari tahun 2014 akan membawa manfaat luas.

Dalam kesempatan ini, YIIM kembali menjalankan pelatihan calon barber untuk batch (kelompok) pertama di tahun program 2020. Program ini kembali didukung oleh PT. Insight Investment Management, selaku mitra utama YIIM. 

Asia Business Council, Menko Airlangga Yakinkan Komitmen Indonesia Mempercepat Pembangunan Ekonomi

Untuk batch pertama tahun 2020, peserta yang mengikuti pelatihan terdiri dari 15 orang dengan beragam latar belakang, yaitu pemuda putus sekolah, pekerja serabutan, pengangguran dan mantan warga binaan dari Balai Pemasyarakatan (Bapas) Jakarta Pusat. 

Sekretaris Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM) Dewi Astari, mengatakan fokus yayasannya salah satunya dibidang pemberdayaan ekonomi. "Yang kami jalankan fokus pada ekonomi perkotaan dan pedesaan. Untuk ekonomi perkotaan salah satunya adalah pelatihan barber,” ucap Dewi di Jakarta, Selasa, 11 Februari 2020. 

Asia Business Council 2024, Menko Airlangga Kasih Bukti Ketahanan Ekonomi Indonesia

Dewi berharap peserta yang mengikuti pelatihan dapat manfaat dan bisa mandiri sebagai wirausahawan dibidang cukur rambut.

Syaifulloh, selaku pemateri dan pelatih barber mempresentasikan teori dan penjelasan tentang seputar tehnik cukur dan mengenal beragam jenis rambut dan peralatan barber. 

Syaifulloh adalah alumni pertama dari program barber yang diselenggarakan oleh YIIM. Dalam pelatihan ini dia dibantu oleh dua (2) orang asisten trainer yang juga alumni pelatihan sebelumnya. 

Para peserta nampak antusias mengikuti sesi demi sesi acara hingga praktik mencukur rambut yaitu rambut para sukarelawan model yang telah disediakan oleh panitia. 

"Fokus utama YIIM adalah mengawal seluruh proses tersebut dan mengantarkan para peserta pelatihan yang lanjut ketahap magang dan pembinaan agar benar-benar siap membuka usaha mandiri di bidang barber sehingga harapannya akan tercipta lapangan pekerjaan baru dan dapat berkontribusi pada pemberdayaan ekonomi dan mengurangi angka pengangguran dan kemiskinan," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya