Petrokimia Gresik akan Luncurkan Pupuk Spesial 'Phonska OCA'

PT Petrokimia Gresik
Sumber :
  • Dok. Humas PT Petrokimia Gresik

VIVA – PT Petrokimia Gresik bersiap untuk meluncurkan varian produk baru 'Phonska OCA'. Pupuk spesial organik cair ini akan resmi dikenalkan pada masyarakat pada Kamis 12 Maret 2020.

Pj Bupati Klungkung Bagikan 50 Ton Pupuk Organik Gratis

Produk ini diluncurkan demi merespons kebutuhan akan perbaikan kulitas lahan pertanian dan kebutuhan pasar.

Manajer Humas Petrokimia Gresik, Muhammad Ihwan, menuturkan, kehadiran produk ini menjawab dominasi produk pupuk kimia alias anorganik selama ini. Sebab, pupuk anorganik jika digunakan melampaui dosis maka menyebabkan tanah menjadi tidak sehat.

UMKM Malang Ekspor Pupuk Organik ke Timor Leste

"Tujuannnya (produk baru ini) untuk memperbaiki kualitas tanah, lingkungan," kata Ihwan kepada VIVAnews, Senin 9 Maret 2020.

Petrokimia Gresik membidik segmen petani tanaman pangan dan hortikultura. Khususnya, petani kedelai, kentang, cabai, bawang merah, sayuran dan tanaman hortikultura lainnya.

Lewat Asistensi, Bea Cukai Siap Antar Ekspor Produk UMKM ke Pasar Mancanegara

Sifat fisik dari pupuk ini, lanjut Ihwan, seperti memperbaiki bagian-bagian dari tanah yang sudah rusak. Pupuk ini bisa memperbaiki dan menjaga kesuburan tanah.

"Misalnya kayak makan nasi itu, piringnya itu sudah bolong-bolong, pupuk organik ini fungsinya memperbaiki sifat fisiknya, jadi piring yang bolong bolong itu ditambal. Jadi kita makan nasi itu sudah enggak kebuang nasinya," ujarnya.

Kondisi lahan pertanian saat ini, lanjut dia, memang sudah perlu untuk disegarkan kembali. Sebab, sudah banyak lahan yang tergolong jenuh. 

"Itu perlu disegarkan atau disuburkan. Intinya secara prinsip, tujuannya adalah memperbaiki sifat tanah, kesuburan tanah, kalau tanah itu subur, gembur, diolah mudah," kata dia.

Produk baru ini, lanjut dia, merupakan hasil penelitian dari internal perusahaan. Tanah yang diteliti memang ternyata kekurangan kandungan C-Organik.

"Hasil penelitian tanah itu menyebutkan kandung C-Organik di Indonesia itu hanya sekitar kurang dari 2 persen dari 5 persen idealnya," katanya

Produk pupuk ini nantinya akan menyediakan C-Organik yang berfungsi meningkatkan kesuburan biologi, fisika dan kimia tanah. Selain itu, juga akan menggemburkan dan menyuburkan tanah.

'Phonska OCA' ini nantinya juga menyediakan tambahan unsur hara Nitrogen yang berfungsi sebagai pembentuk klorofil (zat hijau daun) sehingga daun tanaman lebih hijau.
 
Tak hanya itu, produk ini menyediakan tambahan unsur hara Fosfor yang berfungsi memacu pertumbuhan tanaman, memperkuat perakaran dan batang tanaman. Hingga, menyediakan tambahan unsur hara Kalium yang berfungsi meningkatkan kualitas buah dan biji tanaman serta meningkatkan ketahanan terhadap serangan hama dan penyakit.

Selain itu juga merangsang pertumbuhan mikroba bermanfaat, larut dalam air, tidak menimbulkan endapan, tanpa residu, dan mudah diserap tanaman, tidak menimbulkan efek terbakar pada jaringan tanaman, juga ramah lingkungan.

Produk ini tersedia dalam kemasan ekonomis sesuai izin edar 400 ml, 500 ml, 1 liter, 5 liter, dan 20 liter.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya